Hari pertama belajar mengenali emosi diri sendiri dulu. Seringkali kita terlalu terburu2 dlm kehidupan sehari2 sampai2 kita ga tau apa yg sedang kita rasakan.
Jadi setiap kali menghadapi berbagai hal yg bikin kesel atau marah kita harus EPA (Emosi Pikir Aksi) jangan EAP (Emosi Aksi Pikir).
Trus di hari pertama diajarin self healing juga
Jadi ketika kita kesel sama urusan kantor misal atau sama mertua, sampah ga di bawa2 pas ngadepin anak. Biasanya kalo di bawa pas ngadepin anak tantrum yg ada langsung EAP jadinya marah2 dan nyesel sesudahnya..
Nah terus hari kedua diajarin gaya baru komunikasi. Langkah2:
1. Perhatikan bahasa tubuh anak utk memahami perasaan. Dari bahasa tubuh kita dpt memahami perasaan.
2. Dengarkan perasaan. Bedakan antaa sikap, perasaan dan penilaian. Contoh, perasaan: sedih, sikap: menangis, penilaian: cengeng. Setiap org ekspresinya berbeda2, pelajari dr masing2 anak bhs tubuh yg disampaikan. Kalau kita tdk melihat situasi si anak, maka kita akan terus judging/menilai anak. Anak jd tdk nyaman shg tdk mau bicara pd kita.
Manusia punya kebutuhan utk di dengar, di kenali, di terima, di mengerti, dihargai.
3. Bikin got/ saluran emosi utk mengeluarkan emosi negatif dr anak kita. Ketika perasaan nya nyaman akan menjd kekuatan, kalau perasaannya negatif akan menjadi penghambat.
Cara bikin got/saluran emosi dengan metode Mensengar Aktif (MA). Kapan MA dilakuka?
1. Saat anak bermasalah dg perasaannya.
2. Saat kita menolak permintaan anak.
3. Saat kita tdk menerima "cap" atau "penilaian" anak terhadap kita.
Mengapa Mendengar Aktif?
Membantu anak untuk:
1. Mengenali, menerima, mengerti dan sadar akan perasaannya sendiri.
2. Menemukan cara utk mengatasi perasaan.
Step2 MA:
1. Tampilkan bahasa tubuh yg sesuai
2. Perhatian penuh, tinggalkan pekerjaan.
3. Lakukan kontak mata, kalo anak yg lebih pendek dr kita ya kita berlutut.
4. Dengarkan perasaan dan perhatikan bahasa tubuhnya.
5. Cari kata yg menggambarkan perasaan anak.
6. Gunakan rumus:
Kamu ... (perasaan), karena ... (alasan).
Misal: kamu sedih ya karena nilai2 nya jelek.
Fungsi: mengeluarkan emosi negatifnya, membuka limbik, membuat got saluran emosi.
Di sini kita hanya mengidentifikasi perasaannya, bukan mencari informasi.
Tantrum: tdk bs menghandle emosinya. Kalo pas tantrum diikuti emosinya akan terbawa sampai dewasa. Kalo anak tantrum sampe buang2 barang: ada konsekuensinya, ketika selesai tantrum hrs beresin, pecah ganti.
Nah kalo emosi si anak udah keluar semua baru deh kita arahkan anak utk BMM (Berpikir, Memilih, Memutuskan). Dengan BMM kita bukan hanya menjadikan anak2 kita anak yg nurut. Tapi anak2 yg memiliki inisiatif, mandiri, dan mampu mengambil keputusan yg baik utk dirinya.
Cara mengarahkan anak utk BMM:
1. Menggunakan kalimat tanya, shg anak berpikir dan menganalisa.
2. Gunakan pertanyaan terbuka (yg jawabannya bukan "ya" atau" tidak").
3. Menghadapkan seluruh tubuhnya.
4. Menatap mata.
5. Membaca bahasa tubuh.
6. Menunjukkan dan mengerti perasaan.
Jangan BMM kalo emosi anak belum keluar semua. Kita harus sensitif perhatikan anak masih kesal atau tdk.
Kalo anak masih keliatan kesel MA lagi.
Cth kasus anak pulang sekolah keliatan sedih. Kita tebak perasaannya:
Kita: kakak lagi sedih ya.
Kakak: iya bunda.
(Tebakan pertama ga selalu benar, terus mencoba aja trial and error).
Kita: kakak sedih karena tadi ujiannya ga bisa?
Kakak: iya bunda, td dibagikan hasil ujian aku nilai2 nya turun.
Kita: ooh kakak sedih ya karna nilai2 turun. (Sambil berempati)
Nah kalo udah MA dan keliatannya dia udah lebih lega, masuk ke BMM:
Kita: kak, menurut kakak kenapa ya kok nilai2nya bs turun?
Kakak: mungkin karna kakak ga belajar serajin dulu. Kakak lagi seneng main bola bunda.
Kita: ooh jadi karena kakak lagi seneng main bola terus belajarnya jadi berkurang ya.
Kakak: iya bunda.
Kita: jadi harus gimana ya kak supaya nilai2nya bagus lagi?
Kakak: kakak bakalan fokus belajar dulu menjelang ujian, nanti setelah ujian kakak bisa latihan bola lagi bunda.
Inti nya BMM itu si anak yg cari solusi nya, kita cuma ngarahin aja lewat pertanyaan.
Kaya yg busar suka lakuin ke kita juga ya.. kasi pertanyaan2..
Nah selanjutnya..
Menggunakan Pesan Saya, utk menggantikan pesan kamu.
Pesan kamu:
- tdk membedakan anak dan prilakunya.
- anak merasa seluruh dirinya salah, direndahkan, disudutkan, diancam.
- Tdk menyampaikan perasaan org tua akibat prilaku anak.
- Perasaan negatif
- Mudah tumbuh dlm dendam dan benci.
PESAN SAYA (PS):
-Membedakan antara anak dan prilakunya.
- Lebih menekankan pd perasaan org tua akibat prilaku anak.
- Tdk membuat anak merasa bersalah, resah, tersudutkan.
- Merasa dihargai.
- Perasaan positif.
- Tdk terganggu harga diri --> respek.
- Memperkenalkan adanya konsekuensi.
Tahapan PS:
1. Sebutkan tingkah laku anak yg mengganggu org tua.
2. Sampaikan konsekuensinya terhadap perasaan kita.
3. Penyampaian dilandasi kasih, tegas, tdk merusak perasaan dan harga diri anak.
Caranya, nyatakan dlm kalimat:
Ibu/Ayah ... (mis: tdk suka), kalau kamu ... (mis: taro baju kotor di lantai), karena ... (rumahnya jadi berantakan).
- Lebih baik pake kalimat positif utk membentuk prilaku positif.
-Kasi komsekuensi. Buat kesepakatan mulai kapan, simulasikan.
Misal bisa kasi konsekuensi baju tdk dicuci kalo tdk ditaro di tempat baju kotor.
Kalo senang juga ungkapkan: ayah/ibu senang deh kalau kamu taro baju kotor di tempatnya, karena rumahnya jadi rapi.
Berikutnya: Menentukan Masalah Siapa.
1. Apakah ada keselamatan yg terganggu?
2. Apakah ada harta benda yg terganggu?
3. Apakah hak org lain terganggu?
Kalau jawabannya Ya, maka itu masalah org tua. Jadi gunakan "Pesan Saya" (PS). Kalau jawabannya Tdk maka jadi masalah anak, maka gunakan "Mendengar Aktif" (MA).
Jadi kalo kaya kakak sedih karena nilai2nya jelek itu pake MA, karena tdk ada keselamatan, harta benda, atau hak org lain yg terganggu.
Kalo anak mainan air sampe lantai basah pake PS, karena bs jd ada yg terpeleset.
Yg jelas perlu latihan terus menerus dan ibu nya harus bs mengelola emosi dirinya sendiri dulu. Kalo kira2 lagi cape baru pulang kantor misal, mending ke kmr dulu mandi, sholat dll beresin diri sendiri dulu sblm menghadapi anak supaya bs EPA.
Oh ya, bs jadi ada situasi yg kombinasi MA dan PS. Kalo kaya gitu kita MA dulu, baru PS, lanjut BMM.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
silakan jika ada yang mau berkomentar