Resume kulwap paralel HSMN Kalimantan 1 & 2
Narsum : Ibu vivi
Hari/Tgl : kamis, 24 November 2015
Pukul : 14.00 wita - selesai
Tema : Penerapan metode Sentra bagi anak HS
Moderator : Ina (Ummu Husna)
Notulen : Susi
Profil Singkat Narasumber :
Nama lengkap: Dyah Indah Noviyani,S.Psi, M.Psi.
Nama akrab: bunda Vivi.
Profesi : Psikolog.
Serta Pengelola PAUD n Daycare Bintang Juara.
Pendidikan :
S1 Psikologi Undip.
S2 Profesi Psikolog UI.
Alamat kantor :
Jl. Dewi Sartika 82 Semarang.
Status : Menikah dengan 4 anak:
1. Laki2 usia 8 th
2. Perempuan usia 7th
3. Perempuan usia 5th
4. Laki2 usia 2th.
Pembahasan mengenai Penerapan Metode Sentra pada HS akan saya bagi mjadi 6 point materi:
1. Prinsip2 dasar pendidikan pada anak usia dini (lahir - 8th)
2. Apa dan mengapa menggunakan Metode Sentra.
3. Jenis-jenis main di sentra.
4. Jenis-jenis sentra.
5. Pijakan guru pada anak selama di sentra.
6. Langkah penerapan metode sentra dlm HS
1. Prinsip dasar :
1) pendidikan harus berorientasi pd kebutuhan anak selaras dg tahap perkembangan anak.
2) dunia anak adl dunia bermain maka anak usia dini belajar melalui bermain atau kegiatan yang menyenangkan dan dpt menstimulasi aspek perkembangan anak.
Saat mulai usia 9 th anak belajar melalui kerja atau project/ menghasilkan product.
3) kegiatan pembelajaran dirancang secara cermat untuk membangun sistematika kerja anak shg anak dpt membuat pilihan2 dari serangkaian kegiatan, fokus pd kegiatannya dan tuntas dlm menyelesaikannya.
4)kegiatan pembelajaran berorientasi pd pengembangan life skills atau kecakapan hidup anak yakni kemandirian, tanggung jawab, disiplin,mampu beradaptasi n sosialisasi.
««««««««««««««««««««««««««««««««
2. Apa dan Mengapa Metode Sentra.
Metode Sentra atau istilah lbh lengkapnya Beyond Circle n Center Time(BCCT) dikembangkan oleh pa kar paud di Florida AS yg tlh 40th berpengalaman, Dr. Pamela Phelps.
Secara sederhana,sentra diartikan sbg wadah yg disiapkan guru utk kegiatan main anak. Melalui serangkaian kegiatan main tsb, guru mengalirkan materi pembelajaran yg disusun dg mengacu pada visi misi dan tahapan perkembgan anak dg mbuat rencana pembelajaran harian. Dlm HS, ortu sbg guru dpt menetapkan visi misi keluarga dan mengadopsi atau memodifikasi kurikulum diknas contoh Pemendikbud No. 137 th 2014 utk PAUD.
Sentra bertujuan untuk mengorganisasikan informasi dan pengetahuan yg masuk ke otak anak secara terencana, sistematis dan terarah shg anak mampu mengeksplorasi, menganalisa dan mengambil kesimpulan atas hasil belajarnya sendiri.
Guru atau ortu sbg guru berfungsi sbg fasilitator yg memberikan pijakan atau scaffolding slm anak bermain. Guru tdk boleh menyuruh, melarang, dan marah pd anak. Anak diransang utk aktif belajar krn anak adl subjek pembelajar.
3. Jenis2 Main :
1) Main Sensori Motor Atau Main Fungsional yakni main dengan mengoptimalkan seluruh indera atau sensori dan motorik atau gerakan tubuhnya (kasar spt berlari, memanjat, berjongkok &halus spt menggambar,meronce,menggunting).
2)main peran atau simbolik meliputi main peran makro yakni dirinya mjd tokoh dlm suatu peran contoh main sbg dokter, temannya sbg pasien serta main peran mikro yakni dg mgunakan media boneka atau binatang yg memainkan peran tertentu.
3.Main pembangunan ada dua yakni dengan media cair spt menggambar atau melukis dan dengan media balok (terstruktur).
4.jenis2 sentra.
Ketiga jenis main tsb ada di setiap jenis sentra. Ada 6 jenis sentra yakni
# sentra bahan alam dan cair dg tujuan eksplorasi dg mgunakan air, pasir, kacang,batu, dsb dg peralatan spt botol, dirigen,sendok, gelas, pompa air.
# sentra seni dg tujuan stimulasi motorik kasar dan halus, dg beragam kegiat seni dan prakarya spt menggambar, mewarnai,melukis dg beragam media dan cara, meronce, menggunting,menempel, dll
# sentra balok dg tujuan menciptakan bentuk bangunan sesuai ide atau gagasan anak.
# sentra peran dg tujuan menciptakan kejadian2 nyata dg memerankan scr simbolik dg kegiaran main pura2, drama, role play.
# sentra imtak, utk mbangun nilai2 agama dan moral serta kegiatan ibadah
# sentra persiapan tujuannya mengajak anak lbh fokus pada kegiatan kerja spt pengenalan konsep bahasa,angka n hitungan, buku cerita, alat tulis.
Sentra bertujuan untuk mengorganisasikan informasi dan pengetahuan yg masuk ke otak anak secara terencana, sistematis dan terarah shg anak mampu mengeksplorasi, menganalisa dan mengambil kesimpulan atas hasil belajarnya sendiri.
Guru atau ortu sbg guru berfungsi sbg fasilitator yg memberikan pijakan atau scaffolding slm anak bermain. Guru tdk boleh menyuruh, melarang, dan marah pd anak. Anak diransang utk aktif belajar krn anak adl subjek pembelajar.
5.Yg terakhir ttg pijaka main. Berupa penyiapan lingkungan.main, pijakan sblm main dg cara membacakan buku sesuai materi yg akan diajarkan atau tema pembelajaran, pijakan saat anak main dg mengajak anak bicara utk memperluas ide anak saat main dan memberi kesempatan pada anak utk main yg beragam di stp sentra serta pijakan setelah main dg meminta anak menceritakan kegiatan mainnya dan perasaannya.
Catatan utk menyusun kurikulum :
1.ortu menentukan tema pembelajaran stp bln contoh nov tema pahlawanku idolaku dg subtema nabi muhammad dan ayah bunda.
2.ortu memilih topik yg akan dibahas stp minggu dari subtema tsb.
3.ortu menyusun rencana pembelajaran yg meliputi sentra stp hari,tujuan pembelajaran, materi, kegiatan n media nya.jd stp hari anak hy bermain di satu sentra
4. Ortu mencatat apa saja yg dilakukan anak utk dilihat perkembangan nya.
Dmkn penjelasan saya smoga bermanfaat..
Wassalamu'alaikum wr. Wb
Pertanyaan
1⃣ Assalamu'alaikum
1. Bagaimana mensiasati kelemahan seorang ibu bila menerapkan sentra pada anaknya? Apakah memang hrs semua dikuasai sentra tsb.
2. Bila pada usia selanjutnya (SD, SMP) metode sentra apa masih efektif?
Jazakillah khair
Ummu Husna Balikpapan
Jawaban
Wa'alaikumslm ummu husna.. dlm penerapan sentra di HS memang sebaiknya ortu menguasai smua sentra. Namun saya sarankan jika memungkinkan tdk harus menerapkan smua sentra. Utk anak usia 2 sp 4th fokuskan ke sentra bahan alam, sentra peran dan sentra balok.Lalu mulai usia 4th keatas ditambah sentra seni dan persiapan.
Menguasai sentra perlu pedoman khusus. Ada buku pedoman yg saya pakai bisa utk referensi ibu2 disini.
Untuk SD msh memerlukan metode sentra setidaknya sp akhir usia dini yakni usia 9th.setelah itu mulai usia 9th keatas anak mulai fokus belajar melalui project.
semoga jelas ya bu jika blm, bisa bertanya lbh lanjut
Pertanyaan
2⃣ Bunda,
A. Waktu belajar dan bermain itu efektifnya berapa jam?
B. Guru tidak boleh menyuruh dan marah pada anak itu dalam artian menyuruh dan marah yang gimana?
C. adakalanya guru melarang dengan kata "jangaàaan" ketika anak melakukan suatu hal yang membahayakan anak..boleh ga sih ortu atau guru bilang "jangan" pada anak pada keadaan tertentu.kalo boleh gimana cara kita menyampaikan?kalo ga boleh apa yang sebaiknya kita sampaikan?bukankah melarang anak artinya menghambat kreatifitas kerja otak pada anak.
Bunda Sri Utami
Jawaban
A. Satu kali pertemuan di satu sentra total waktunya 1jam 45mnt, dibagi mjd :
15 menit pijakan lingkungan main atau penyiapan lingkungan main yakni media mainnya,
15 menit pijakan sblm main yakni menjelaskan materi pembelajaran, kegiatan main, media main, prosedur main dan aturan main,
1 jam utk anak bermain di sentra dimana ortu mengajak berkomunikasi ttg apa yg dilakukan anak dan mgali ide2 anak saat main,
15 menit pijakan stlh main yakni recalling ttg apa yg sdh dilakukan anak dan bgm perasaannya.
B. Dalam metode sentra, guru atau ortu sbg guru memberikan pijakan berupa mengajak anak bicara utk menumbuhkan rasa ingin tahu, kreativitas,kemandirian dan berbagai aspek perkembangan anak Oleh krn itu tdk diperbolehkan melarang ataupun menyuruh..krn hal ini dpt krg efektif dlm perkembangan neuron otak anak usia dini.
Kata kuncinya dalam memberi pijakan berupa penjelasan atau pendampingan pada anak adalah beri kesempatan.pada anak utk beraktivitas dan berekspresi namun beri batasan yg tdk melanggar nilai agama n norma sosial atau hukum, yg dapat melukai atau menyakiti dirinya maupun orang lain.. dalam mengajak anak bicara perhatikan bahasa n intonasi maupun bahasa tubuh yg tepat ya bunda..hindari bahasa yg menginterogasi atau bernada tdk mpercayai, pertanyaan yg bersifat satu arah atau hy mbutuhkan satu jawaban, tapi ajak anak diskusi ttg manfaat maupun dampak negatif suati perilaku atau permainan, ajak anak mencari alternatif solusi perilaku atau permainan yg tepat..
Smoga bermanfaat ya bunda.
Pertanyaan
3⃣ Bagaimana caranya mengajarkan fokus bermain/belajar pada anak 19 bulan...karena anak saya cenderung aktif...terimakasih banyak.
Bunda Erna
Jawaban
anak usia 19 bln sp dg 24 bln.. jenis mainnya sekitar 95% menstimulasi sensori motoriknya. Mulai 2 th baru dikombinasi main simbolik dan konstruksi jd mulai ada main peran, membangun dg bahan cair spt crayon, cat, pensil warna, playdough maupun membangun dg balok atau lego
Anak usia tsb diperbanyak main di sentra bahan alam dg mgunakan media beras, kacang2, pasir, daun, air, permainannya bisa memindahkan benda2 tsb,menakar, menumbuk.Selain itu jg perbanyak aktivitas motorik kasar spt naik turun kursi kecil/ dingklik, merayap, memindahkan bola, dll
Pertanyaan
4⃣ Keluarga kami tidak menggunakan HS dalam pendidikan..tapi ingin membuat sentra di rumah..sebaiknya sentra apa saja yg ada yg cocok untuk anak usia 9 thn..7 tahun..dan 3 thn..yg mungkin bisa bareng
Bunda Sri Rahayu
Jawaban
Bunda Sri..untuk penerapan sentra pada anak SD sdh mulai masuk materi pelajaran maupun materi ilmu agama dan pengetahuan sesuai kebutuhan anak2..
Untuk anak usia 9 n 7 th msh memungkinkan untuk masuk sentra secara bersamaan hanya tingkat kesulitan n kompleksitas materinya perlu dibedakan dg mperhatikan kebutuhan dan kemampuan anak. Namun utk anak usia 3 th sebaiknya tdk dibarengkan dg kakak nya yg sdh SD ya bu..
Pembahasan detil mengenai sentra ada buku panduan lengkapnya jika ada yg mhendaki pesan. Dan utk sekolah TK n SD yg sdh menerapkan metode sentra ada di kalimantan. Namanya sekolah Salsabila di Banjarmasin ya.. mungkin ada yg tau
Pertanyaan
5⃣Assalamu’alaykum wr wb. Bagaimana mengaplikasikan sistem sentra di rumah? Apakah perlu menyiapkan ruangan khusus yg isinya berganti ganti sesuai kegiatan? Apakah isi sentra juga dikaitkan dgn tema yg sdg dibahas?
Maya
Jawaban
ada satu ruangan khusus yg kmd disekat dg lemari pendek atau rak buku stinggi anak sbg tempat menyimpan media atau alat main sentra
Utk sentra bahan alam, ibu bisa mgunakan ruang terbuka spt teras atau halaman/kebun di rmh
Mengenai materi pembelajaran bisa disusun per bulan dg mgunakan tema sesuai minat atau kebutuhan anak atau sesuai moment di bulan tertentu.
Contoh bulan november kan hari pahlawan, paud saya menentukan tema Pahlawanku Idolaku. Subtema nya minggu pertama Nabi Muhammad. Minggu kedua Orang tuaku.minggu ketiga guruku. Minggu keempat review semua materi sekaligus puncak tem
Isi materi atau topik bahasan dari stp sub tema dapat ortu atau guru susun spt Nabi Muhammad. Topiknya: lahir kpn, nama ayah n ibunya, sifat2 mulia nabi muhammad. Orang tua yakni ayah dan bunda topiknya bisa peran dan tugas utama ayah, bunda. Topik lain dpt dikembangkan sendiri oleh guru
Kalau jenis main di sentra sudah saya sebutkan dipoint 3 ya bu..jadi di semua sentra selalu ada jenis main sensori motor, main simbolik maupun main konstruktif..Saya siap bantu pengadaan bukunya..
Pertanyaan
6⃣Asw.bu vivi.setiap hari sy membagi wkt belajar ank mjd 4 sentra (sy baru tau ttg pembagian sentra hr ini).pagi dia bljr calistung.setelah itu bermain balok.lanjut nonton dvd edukasi hingga siang.sore hari bljr imtaq seperti mengaji dan hafalan quran serta bc buku cerita.ini rutin setiap hari sy terapkan ke ank.hny saja waktu belajar sebentar2 saja.ex.bljr calictung 1 hal/hr.bljr ngaji 3 baris/hr.
Bgmn pendapat ibu,apakah metode ini tepat utk ank sy yg berusia 5y?saat ini dia sdh bs membaca,menghitung,menulis,hafal quran. namun terkadang tidak mood jg diajak belajar...fera
Jawaban
Saya akan meluruskan sedikit tentang sentra bukan lah mengajarkan calistung namun anak bermaindi sentra persiapan yg salah satu kegiatan mainnya adalah memberi stimulasi bagi perkembangan anak dlm mengenal konsep angka,huruf,kata, kalimat.Dalam penerapan metode sentra,kita juga harus memahami panduan tahapan perkembangan anak di setiap sentra. Yakni tahap perkembangan sensori motor, main simbolik, membangun balok, menggambar, melukis,menggunting, menulis. Dari situlah kita dapat mengamati perkembangan anak kita stp bermain di sentra dan mberikan pijakan maupun kegiatan main yg lbh tepat sesuai kebutuhan tahap perkembangannya. Untuk anak usia dini yakni sjk bayi sp 8th kata kuncinya adalah belajar melalui bermain. Baru usia 8th keatas belajar melalui project/karya. Bermain disini bukanlah main2 namun betul2 memperhatikan tahapan perkembangan anak shg pada saat usia 8th akan muncul rasa suka,minat dan semangat utk belajar. Krn fitroh anak itu senang belajar.namun kita sbg guru dan ortu hrs betul2 paham belajar yg spt apa yg sesuai fitroh atau tahap perkembangan anak.
Demikian bu fera dan bunda2 ya lain smogag bermanfaat..jika msh ada yg perlu ditanyakan boleh japri saya...
Jika berkenan dg buku panduan n bbrp materi pelatihan metode sentra yg saya ikuti bisa japri saya ya bunda...
Alhamdulillah..kulwap berjalan lancar n trima ksh sy ucapkan kpd bunda2 hsmn atas partisipasinya
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
hsmn
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
facebook.com/hsmnmuslimnusantara
FB:HSMuslimNusantara pusat
instagram: @hsmuslimnusantara
twitter: @hs_muslim_n
web: hsmuslimnusantara.org
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
silakan jika ada yang mau berkomentar