Sabtu, 28 Februari 2015

Resume kulwap hsmn 7

[15:41 04/02/2015] Shofie Hs: RESUME KULWAP HSMN-7

�� hari dan tanggal : Rabu, 4 pebruari 2015
⏰ Pukul: 13.00—15.00
�� Pemateri: Bunda Vivi
�� Tema: Urgensi test kecerdasan pada anak
�� Moderator: Bunda QQ
�� Notulen: Bunda Shofi

��Mengenai Narsum:

Bu Vivi adalah Pemilik paud dan Daycare Bintang Juara, Biro Konsultasi Psikologi Qualifa dan pemilik LPK Smart and Fun Home di Semarang. Bu Vivi juga pernah mengajar di salah satu perguruan tinggi negeri.

�� Pendahuluan:
Perlu dipahami bhw setiap manusia memiliki semua potensi kecerdasan majemuk tsb hanya beda dominasi dan kombinasinya. Bahkan anak berkebutuhan khusus pun dgn kerusakan ringan pada area otak yg mengatur logika berpikir msh mampu berpikir logis analitis spt yg saya contohkan di atas seorang anak berkebtuhan khusus yg atlet renang tk olimpiade.

�� Diskusi:
(BAGIAN I)

1⃣ Saat kpn bs dilatih & hal apa yg bisa dilakukan ibu utk menstimulasi anak yg umurnya msh dbwh 5th?
➡ Utk anak usia dini yakni sejak lahir sampai usia maksimal 8th, setiap aktivitas pembelajaran harus dimaknai sbg stimulasi atau pemberian rangsang yg dpt mbuat anak merespon. Stimulasi ini scr filosofi agak brrbeda dg belajar materi. Krn stimulasi ini mementingkan adanya interaksi n komunikasi 2 arah atau timbal balik. Jadi sbenarnya stimulasi sdh bisa dilakukan bahkan sjk bayi dlm kandungan. Nah utk merangsang stimulasi yg tepat bagi anak. Yg pertama kita hrs paham tahapan perkembangan, ciri2 perkembangan n tugas perkembangan anak pd stp tahap usianya. Bayi sp usia maksimal 2th msh byk stimulasi yg mengaktifkan sensori atau penginderaan yaitu memgang benda halus kasar, dingin hangat, besar kecil, tebal tipis dan motoriknya terutaam motorik kasar yaitu lari, manjat, lompat, nendang, main sepeda n olahraga Prasekolah usia 2th ke atas sp7th msh byk juga stimulasi motorik kasar (koordinasi otot besar) namun sdh mulai ditambah motorik halus (otot kecil) koordinasi tangan n jari2 spt mewarnai, menggambar bebas atau coret2, menggunting, menempel, meronce,puzzle, lego. Pd usia ini anak sdh mulai dapat dikenalkan konsep atau simbol2 spt angka,huruf,kata,bentuk geometri,warna,ukuran namun hrs menggunakan objek atau benda konkrit, jd kalau membilang atau berhtung pun hrs ada benda dlm bentuk gambar atau benda nyata yg real bs dipegang.
2⃣ Memantau ciri2 perkembangan itu seperti 1 bulan sudah bisa apa, 2 th sudah bisa apa, 3 th sudah bisa apa.Gitu ya bu?
➡ Iya betul bu,,bisa dg bantuan buku KMS Atau buku2 psikologi ttg tahapan perkembangan anak atau pakai panduan kurikulum paud.
3⃣ Jadi kita boleh ya bu mengajarkan membaca dan menulis?
➡Bukan mengajarkan calistung dg hanya membaca buku n mengerjakan soal2 di buku ya bu, namun lbh banyak memberikan aktivitas yg fun dan variatif dg materi kata, 2 kata, 3 kata serta hitungan dg benda konkrit atau gambar n warna.
4⃣ Mengapa anak hrus d tes inteligensi sejak dini? Kalau sudah diketahui bidang yg dominan diantara 8 bidang apa yg harus kita lakukan? Apa kita harus fokus pd bakatnya?Apa itu tdk akan menghasilkan anak2 yg brtalenta tunggal saja?
➡ Saya perlu meluruskan bhw tes inteligensin yg mhasilkan IQ hy diperlukan utk anak berkebtuhan khusus atau ada indikasi gagal berulang di akademis. Jd utk usia dini yg lbh diperlukan adl menstimulasi perkembangannya terutama aspek fisik motorik dan afektif yakni emosi, sosial dan moral yg bersumber pada nilai2 agama n norma sosial. Menjelang usia SD yakni usia 5 th keatas, ortu sdh dpt mengamati kecenderungam potensi atau bakat kecerdasan anak yg dominan di bidang apa, boleh mengambil teorinya howard gardner krn itu yg  terbaru. Pentingnya mengetahui potensi anak yg dominan pd menjelang sd krn usia sd adl usia dimana anak2 memasuki tahap perkembangan yg mengharapkan mereka menemukan potensinya, mengoptimalkannya mjd prestasi dan berkarya swsuai potensi nya yg dominan. Dominan disini bukan berarti hanyan satu potensi namun bisa 2 atau 3 oleh krn itu td saya menyebut nya dominan dan kombinasi potensi cerdasnya. Krn saya yakin hy sedikit populasi manusia yg bisa menguasai semua bidang atau dg kata lain smua potensinya dominan krn itu msk ke kategori gifted atau genius. Rata2 atau umumnya manusia itu memang memiliki hanya bbrp pot3nsi yg dominan. Jadi istilah inteligensi disini perlu diperluas dan didudukkan scr humanis tdk hy terkait cerdas krn menguasai matematika, fisika, bahasa saja namun bisa jadi cerdas n berprestasi di renang namun tetap bisa berpikir logis analitis itu berarti stp org punya smua potensi crdas yg majemuk spt yg sdh saya jelaskan di pengantar.
5⃣ Bagaimana pendapat ibu tentang multiple intelligence (MI)? Apa yg perlu dilakukan orang tua agar bs mengobservasi MI  di rmh saja, tdk perlu di lembaga tertentu?
➡ Multiple intelligences atau kecerdasan majemuk td sdh sdkt saya jelaskan di pengantar, mrp teori atau paradigma ttg kecerdasan yg lbh terbaru n humanis krn memandang stp org itu py smua potensi cerdas dgn dominasi n kombinasi yg berbeda2. Utk melakukan obsrvasi thd potensi cerdas majemuk anak yg dominan saya memiliki softfilenya jika mau bisa saya email, silahkan dikoordinir moderator. Bisa saja mgunakn tools dari lembaga spt MIR nya pak Munif chatib krn sdh diuji validitas n reliabilitasnya n hra ada penjelasan n pendampingan psikolog spt yg saya lakukan di biro saya di semarang. Semua keputusan p3nggunaan tools ada di tangan ortu.
6⃣ Apa berupa indikator ceklist2?
➡ Iya betul, panduan obsrvasi itu berupa ceklis. Yg saya punya itu juga peng2mbangan dr ceklis thomas amstrong, ortu juga bisa mengembangkan lagi stlh mempelajari panduan n buku2nya serta mengamati aktivitas anak.
7⃣ Bagaimana dgn tes IQ yg suka diadakan di sekolah2 menjelang penjurusan? Adakah manfaat real nya?
➡ Utk tes iQ utk p2njurusan sbetulnya krg tepat namun krn memang dii indonesia msh sgt mhargai akademis jd yg digunakan tes inteligensi utk penjurusan. Saran saya jika ibu sjk awal sdh melakukan stimulasi sesuai tahap perkembangan dan mendeteksi potensi atau bakat cerdas anak bahkan sdh berprestasi saat SD maka anak sendiri sdh mampu menemukan jatidirinya dan arah karir atau studi lanjutnya tanpa bantuan tes IQ atau tes penjurusan apapun.
Kalau MIR itu sbenarnya mgabungkan metode informal yakni dgn observasi n wawancara thd ortu ttg aktivitas anak serta metode formal dimana anak diminta mengerjakan bbrp aktivitas sesuai filosofi multiple intelligences howard gardner
8⃣ Saya punya anak umur 9th (anak ke2 dari 3). Dalam pelajaran biasanya dia lumayan bisa mengikuti, tetapi ketika ditanya pekan depannya dia sdh lupa. Apakah hal itu terkait dgn faktor intelegensi? Bagaimana saya bisa cukup memastikan dia punya intelegensi normal atau tidak? Langkah apa yg harus saya lakukan?
➡ Anak ibu anak tengah ya? Oke itu juga bepengaruh mengapa potensinya tengah ke bawah.
Anak tengah itu posisinya spt tdk terlihat atau hampir krg optimal saat ortu memberi perhatian bahkan menstimulasi.
Shg ketika dia tumbuh besar dia mmg krg optimal dlm perkembangannya tmsk dlm hal akademis ketika dia sdh sekolah dasar.
Kembali ke pertanyaan mengapa anak mudah lupa, coba dicek kembali cara kita memasukkan informasi apakah sdh melihat pintu terbaik anak utk belajar atau disebut dg istilah gaya belajar atau tadi apakah info yg masuk juga sdh diberikan sesuai potensi cerdasnya anak. Krn kajian gaya belajar juga berkaitan dgn potensi kecerdasan berbasis multiple intelligences..kalau anak visual spasial dia senang belaajar dg mgunakan gambar, warna, peta atau mind mapping, menggambar, menyusun bentuk, membongkar pasang
Saran saya gali atau deteksi dulu dia nyaman belajar saat bgmn atau dg cara apa.
Jika info dimasukkan scr tepat maka akan mbuat anak nyaman dan senang, kondisi inilah yg meny3babkan otak itu mampu mb3ri atensi jangka panjang atau disebut konsentrasi serta mampu mengolah info tsb sampai masuk ke memori jangka panjang dan tdk akan pernah lupa kecuali faktor sakit atau kecelakaan atau usia spt lansia yg pikun. Contohnya kita sbg org dewasa pun msh menyimpan byk memori ttg masa sd, smp, sma dan kuliah, coba peristiwa apa yg msh diingat? Tentunya jwbnya adl info yg berkesan atau melihatkan emosi serta srg diulang2. Jd jika ibu or guru ingin anaknya tdk mudah lupa maka saran saya gunakan cara2 yg mbuat anak relaks n fun slm belajar.
9⃣ Oo begitu ya bu,saya pnya masalah yg sama tp sama murid privat saya,jd saya kurang bisa meng eksplore..
➡ Cara mengeksplore gaya belajar n potensi anak bisa dg mengamati cara terbaik dia belajar n mengunakan ceklis
�� Saya ibu 3 anak 7,5y, 6y, 4y. Dlm perkembangannya lingkungan akan mempengaruhi anak saya dlm berkembang. Contoh. Anak saya yg pertama waktu TK pernah tes IQ yg menunjukan hasil Superior namun anak tersebut ketika SD tidak terlalu suka pd Math, ketika tes stifin hasilnya menunjukan domain otak kanan bawah. Namun Ia punya bakat musik yg terlihat sejak bayi namun karna lingkungan temannya banyak yg suka ikut menari. Anak saya lbh nyaman ikut ekskul nari dari pd paduan suara. Bgmn kita sbg orangtua menyingkapi kondisi yg spt ini ? Padahal saya ingin dia jd rolemodel bg adik2nya
➡ Iya betul ibu spt yg saya jelaskan di pengantar point 2 ttg faktor pembentuk inteligensi ada bawaan n lingkungan. Nah utk tes sidik jari itu hy melihat dari satu sisi yakni faktor bawaan lahir atau genetik krn dilihat sidik jarinya. Bisa juga dilihat atau ditanya minat atau rasa sukanya, krn bakat atau potensi sekuat apapun jika tdk didukung minat atau rasa suka maka juga tdk akan berkembang optimal mjd prestasi. Jika mmg anak ibu nyaman di menari maka itu msh masuk area seni ya jd ya silahkan dikembangkan, tentunya tetap mempertimbangkan nilai2 agama yg dianut krn biasanya menari mgunakan konstum yg terbuka atau terlihat aurat, jika muslim maka perlu dicari cara terbaik.
[15:50 04/02/2015] Shofie Hs: RESUME KULWAP HSMN-7

�� hari dan tanggal : Rabu, 4 pebruari 2015
⏰ Pukul: 13.00—15.00
�� Pemateri: Bunda Vivi
�� Tema: Urgensi test kecerdasan pada anak
�� Moderator: Bunda QQ
�� Notulen: Bunda Shofi

Diskusi
(BAGIAN II)

1⃣1⃣ Berapa waktu minimal yg dibutuhkan untk obesrvasi potensi anak jika menggunakan metode observasi oleh orang tua?
Sehingga bs lbh dini mengoptimalisasi kecenderungan anak
➡ Karena observasi ini metode informal dan berlaku utk anak yg tdk berkebutuhan khusus maka tdk ada patokan waktu yg baku utk periode obsevasinya. Namun saya sarankan berdasar pengalaman saya mendampingi klien n anak2 saya sendiri, dan juga sesuai tahap perkembangan maka ortu boleh mulai mengambil keputusan saat anak masuk sekolah dasar. Krn pada usia tsb kematangan aspek kognitif, afektif n motorik sdh mulai muncul,,bahkan 80 % otak itu sdh berkembang sp usia 8th.
1⃣2⃣ Apakah minat dan bakat anak akan berubah?
➡ Jika ortu melakukan tahapan sjk awal spt yg sdh saya jelaskan tadi yakni stimulasi saat usia dini, deteksi saat menjelang usia sekolah dasar dan optimalisasi saat usia sekolah dasar sp remaja maka insya allah anak akan bertumbuh kembang mjd pribadi yg lbh matang dlm menemukan jatidiri, potensi diri dan arah minat nya. Dan idealnya saat dewasa mulai usia 20 th terutama usia 30 th kita sdh tdk bingung atau berubah2 tujuan hidup, karir atau pekerjaan / profesi yg kita tekuni.

��Penutup

Jawaban dari tema diskusi hari ini ialah
urgent dilakukan tes kecerdasan jika anak memiliki kebutuhan khusus.

Orangtua dapat melakukan observasi di rumah dgn stimulan yg komunikatif dan 2 arah.

Fun learning ialah cara yg baik utk menstimulasi potensi dan bakat anak.

Semua tergantung lingkungan dan pola pengasuhan.

������������

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silakan jika ada yang mau berkomentar