Minggu, 15 Februari 2015

Diskusi Seru Group 7 HSMN

Diskusi Seru Group 7 HSMN

Nara Sumber : Cikgu Adrian
Moderator : QQ Meyke

TALENT MAPPING

Prolog singkat :
Talent Mapping,  adalah tools yg dikembangkan oleh Ir Rama Royani (Abah Rama - Alumni ITB 1964) untuk mengetahui (mengidentifikasi) bakat, minat dan aktifitas apa yg perlu diasah dari seseorang.

Gallup (USA)  meneliti sekitar 2 juta responden,  yg dari hasil risetnya ditemukan ribuan 'bahasa' bakat,  yg oleh Donald Clifton seorang ahli Psikologi Positif dikelompokkan menjadi 34 tema bakat.

Prinsipnya :
Asah Kekuatan,  Siasati Kelemahan

1. Yuniar
bagaimana kami bisa mendapatkan segala informasi yg berkaitan dg ini?

Tapi kalau mau sekadar bacaan. Ibu bisa baca buku sbb berikut :

��1. Bu Yuniar,  kalau mendapatkan penjelasan lengkap ttg Talent Mapping,  bagus diadakan Acara Sosialisasi TM bu.

2. Assalammu'alaikum cikgu.. saya selvi.. semoga lekas sembuh ya cikgu..

Mengenai talent mapping ini, sempat kmarin sya googling, krena sya bnar2 blank ttg talent mapping.. dan dri bnyak hasil googling yg saya temukan, cikgu banyak menyingung ttg 3 banyak dalam hal berkaitan utk mengetahui bakat dan minat anak.. *mohon koreksi kalau saya salah tangkap dari hasil bacaan saya*

Nah yg ingin saya tanyakan:

1. Konsep 3 banyak itu kan banyak interaksi dgn bnyak org dalam banyak aktifitas.. nah aktifitas disini apakah sama maksudny dengan 'profesi'?? Mohon penjelasan.. 9
2. Mulai usia berapakah konsep 3 banyak ini bsa diterapkan secara optimal. Maksud saya, optimal bisa diserap dgn baik dalam memori dan pengalaman si anak.
3. Lalu kaitannya dgn anak usia dini, karena anak saya masih usia 2,5 tahun dan 2 bulan.. bagaimanakah konkritny saya mengaplikasikan konsep 3 banyak ini??

��2. Bu Selvi, 
1. 3 BANYAK,  rumusan biar gampang diingat saja bu,  maklum saya ngajar Matematika juga,  jadi senang kasih titian biar mudah dihafal. Intinya semakin banyak seseorang berinteraksi dengan orang dan aktifitas, maka semakin ter-ekplorasi dan ter-stimulus bakat dan minat si anak. Baik itu karakter orang,  pekerjaan atau profesi orang,  kegiatan apapun. Bahkan Abah Rama,  sampai mengelompokkan ribuan aktifitas jadi 99 activity, agar lebih simpel. #simpel aja sampai 99 ya bu ��

untuk no 2 dan 3, sejak kecil bagus bu,  agar anak punya 'curicullum vitae' dirinya.

Buku yg bisa dibaca:
~ Strengths finder
~ langgar semua aturan
~ now discover your strength
~ go put your strength to work

3.Irma
Usia brp anak bs mulai di talent mapping? Apa ada kaitannya dgn multiple inteligence (MI)? Berupa indikator ceklist2 atau seperti apa bentuk TM ini?

��3. Bu Irma,  secara umum tools Psikologi baru bisa dilakukan thd anak usia 15-16 tahun. Namun jika anak yg "3 BANYAK" nya telah benar-benar dilakukan bisa jadi diusia 9-10 tahun bisa dilakukan dan hasilnya akurat. Sebaliknya seseorang berusia diatas 20 tahun pernah dilakukan tes TM namun tidak berhasil. Belakangan diketahui bahwa orang tersebut,  rutinitas hidupnya,  tidak banyak berinteraksi dan tidak beraktifitas yg ragam.

Kalau ibu-ibu perhatikan Map diatas,  kotak bagian dalam itu BAKAT dan bagian luar itu MINAT,  maka yg disebut seseorang bagus hasil tes TMnya adalah bertemunya warna Merah/Kuning baik dibagian dalam dan luarnya.

MI khan lebih ke Learning Style bu.
Sedangkan TM ini hasilnya kita bisa mengetahui : Bakat,  Minat,  Potensi Kekuatan dan Personal Branding

tes TM itu ada 2 yaitu :
1. Talent Mapping Assesment (TMA)  yg terdiri atas 170 pertanyaan yg dijawab maksimal 30 menit.
2. Personal Strenght Statement (PSS)  yg terdiri atas 114 pertanyaan yg dijawab maksimal juga 30 menit.

Pertanyaan dijawab spontan,  dengan merefleksikan pertanyaan-pertanyaan tsb dengan apa yg selama ini dilakukan. Jadi jangan sampai orang yg sedang tes TM merekayasa jawaban shg justru tidak menggambarkan dirinya.

4. Indra

Anak2 Cikgu sendiri, apa saja bakatnya dan hal konkrit apa yg Cikgu dg Istri lakukan utk mengoptimalkan kelebihan dan mensiasati kekurangan?

��
4. Bu Indra, anak pertama kami ; Askar Muhammad ; mempunyai kecenderungan kuat di bidang Bahasa dan Matematika,  sehingga selama ia menjalani HS (sejak lulus SMP di SoU) diisi dengan kursus Bahasa Jerman di Goethe,  Bahasa Perancis di LBI-FIB UI,  Bahasa Arab dengan murabbinya yg lulusan Al Azhar Kairo diluar hari pertemuan pekanannya,  Bahasa Inggris itu sudah tertanam sejak TK B di Sekolahalam Ciganjur,  dan jadi senang belajar Linguistik Bahasa Indonesia ketika 6 bulan kami mempersiapkan ia UN SMA tahun lalu.

Anak kedua ; Asad Muhammad ; mempunyai kecenderungan ke Desain Grafis dan  yg bagus ; sehingga selama ia menjalani HS yaitu sejak naik kelas ke 2 SM (setara dg kelas 3 SMP) di SoU, dengan kegiatan kursus Photoshop,  Corel Draw,  Animasi dsb. Sedangkan suara bagusnya diisi dengan berguru langsung dengan ustadz yg sudah mendapat sanad Al Quran dari Syiria,  dan kalau dengan ananda Asad adzan dan menjadi Imam sholat,  kami merinding dengarnya bu,  demikian juga pengakuan jamaah,  malah 1-2 bapak mengaku menangis kalau Asad jadi Imam,  ingat saat-saat di Masjidil Haraam. Padahal usianya masih 15 tahun.

Anak ketiga ; Azzam Muhammad ; masih terus kami ikuti perkembangan minatnya, baru HS semester 2 ini di kelas 5 SDnya. Dan sementara fokus UN SD 3-4 bulan ini. Baru sesudah UN kita eksplore kembali.

Kami hanya fokus pada kekuatannya. Sedangkan yg dimaksud dengan siasati kelemahan, bukan berarti kita mencari solusi dengan memberi mereka pelatihan disisi kelemahannya,  TIDAK,  yg dimaksud adalah kelak ia mencari teman yg mempunyai kekuatan disisi kelemahannya untuk bersinergi.

Begitulah Psikologi Positif yg menghasilkan Talent Mapping memberi filosofi, berbeda dengan Psikologi Behaviour yg selama ini dianut orang,  yg menyibukkan diri juga mencari solusi di sisi kelemahan orang.

QQ ~ Meyke : Aamiin Ya Rabb...kami doakan selalu cikgu dan sekeluarga ya..

Aduh,  saya khan ditanya ibu,  gak bermaksud menonjolkan anak-anak. Astaghfirullah al azhiim.
Mohon doa ibu-ibu agar kami bisa istiqomah dalam keimanan,  kami terus berproses. ��

��QQ ~ Meyke
Momod speechless ������

Kebayang gak buibu... HS anak 3, laki laki SEMUA. .. MasyaAllah ������

��Ibu-ibu,  untuk mendeteksi anak-anak agar tumbuh kembangnya optimal,  bagus ibu-ibu terap 4 E.

1. Easy
2. Enjoy
jadi jika ananda melakukan sesuatu Easy dan Enjoy maka kita boleh menduga ananda ada kecenderungan ke hal tsb. Nah,  bakat itu pola pendidikannya difasilitasi. Misalnya dicarikan guru atau kursus untuk mengasahnya,  jika hasilnya E yg ketiga yakni : Excellent , maka ananda 75% sudah kelihatan berbakat. Hanya saja kalau baru cuma sampai disini namanya HOBBY. Harus muncul E yg keempat agar bisa disebut Talent,  karena yg namanya Talent itu POSITIF & PRODUKTIF.
4. Earn.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silakan jika ada yang mau berkomentar