Resume Diskusi Seru Bersama Cikgu Grup HSMN-7(bag 1)
Tema:Homeschooling dalam Islam
Hari,tanggal: Rabu,11 Februari 2015
Waktu: 08.00-22.00 WIB
Pemateri:Cikgu Adrian
Moderator:Bu Nani dan Bu Meyke
Notulen:Ummurafifghozy
PROFIL KELUARGA CIKGU ADRIAN
Nama : Adrian
Pendidikan : Fisika ITB (setahun) , lalu pindah ke Teknik Kimia UI
Kegiatan :
1. Konsultan Pendidikan, khususnya Pelatihan Guru dan Strategi Belajar
2. Konsultan HS
3. Trainer Talent Mapping
4. Pengajar Matematika
5. Ketua Bidang Pelatihan di Asosiasi Lembaga Filantropi Indonesia (ALFI)
6. Provokator pembuatan Lembaga Pendidikan dan Sekolah .
Nama Istri : Sulistyowati
Pendidikan : Sastra Arab UI dan Ma'had Al Mannar
Kegiatan :
1. Ibu Rumah tangga
2. Koordinator Pusat Puteri Gading, Thifan Tsufuk
Anak 1 : Askar Muhammad, FEUI 2014
Anak 2 : Asad Muhammad, persiapan UN SMA 2015
Anak 3 : Azzam Muhammad, persiapan UN SD 2015
AKTIFITAS KESEHARIAN KELUARGA CIKGU ADRIAN:
Aktifitas keseharian kami:
1. Istri & saya bangun 1 jam sebelum waktu Shubuh, biasanya Qiyamul Lail, kecuali lelah sekali.
2. Anak-anak bangun (dan dibangunkan) 30 menit sebelum waktu Shubuh, sehingga terutama Askar Muhammad (lahir 1998) dan Asad Muhammad (lahir 1999) masih sempat dapat 2-4 rakaat sholat tahajud + witir, sedangkan anak ketiga Azzam Muhammad (lahir 2004) bangun 15 menit sebelum waktu Shubuh.
3. setelah itu Sholat Shubuh ke Masjid, mengejar shaf pertama, motivasinya seperti dalam hadits yakni agar didoakan Rasulullah saw.
4. Pulang dari Masjid, kumpul untuk Membaca Al Quran, lalu Kultum dan Al Ma'tsurat.
5. Briefing harian
6. pk 6 pagi, Riyadhoh (olahraga) , Berenang di Bumi Wiyata selama 1,5 jam atau Jalan Kaki lintas fakultas di UI selama 1 jam.
7. Sekarang ini, setelah olahraga, Askar langsung kuliah, sedangkan Asad dan Azzam bersama kami belajar di area perpustakaan UI mempersiapkan UN SMA & SD
hingga pk 11.30. Kadang belajar juga bisa dilakukan durumah atau cari suasana baru misal di Sevel/Lawson.
8. Break Sholat Zhuhur/Jumatan + makan siang
9. Asad dan Azzam Try out harian 1 pelajaran yg di-UN-kan dirumah selama 90-120 menit
10. Sholat Ashar
11. Ba'da Ashar s.d. pk 21, freetime.
catatan : Maghrib dan Isya tetap harus di Masjid.
12. Pk 21 tidur.
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاته
Sedikit tambahan saja, HS yang kami jalani, sebenarnya sederhana saja, menggabungkan konsep pendidikan sekolahalam (didirikan bang Lendo Novo) yakni pembinaan akhlak (karakter) termasuk didalamnya Al Quran dan sunnah Rasulullah saw dan belajar bersama alam (alam takambang jadi guru) , dan konsep Talent Mapping yakni memfasilitasi talenta anak, sedangkan untuk akademis kami persiapkan ananda utk UN ( dan ujian PTN ) sekitar 6 bulanan.
Selain itu kami juga memberikan pembelajaran dalam bentuk refreshing, jalan-jalan dsb, yg ibu dan bapak semua juga pasti sudah lakukan.
Kita saling sharing saja ya ibu-ibu, krn saya juga bukan Super Daddy.
Pertanyaan pertama untuk cikgu:
◀1⃣(Meyke dari Sawangan) pak Cikgu
putra saya 8th, putri 3th.
Apakah prinsip utama Rasulullah dalam mendidik anak?✅
▶Bu Meyke, Rasulullah saw itu diutus khan utk menegakkan kalimat Syahadatain dalam kehidupan ini, dan dua kalimah syahadat itu kunci dari dari kesuksesan manusia dalam hidup ini termasuk pendidikan didalamnya, yaitu Surga.
Maka Al Quran dan Sunnah Rasulullah saw harus jadi referensi utama pendidikan yg kita terapkan.✅
◀2⃣Shofi:
Cikgu, dlm membuat kurikulum islami tentu acuannya al-quran dan as-sunnah, lantas bagaimana teknis membuat kurikulum HS? Dan darimana kita mulai menerapkan kurikulum tsb? ✅
▶2⃣Bu Shofi, Pendidikan utama itu adalah pendidikan akhlak, baik itu ahlak thd Allah swt, Rasulullah saw, Al Quran dan Al Hadits, Orangtua, sesama, dan alam semesta.
Akhlak - 1. Akhlak kepada Allah swt, yaitu sikap men-tauhid-kan Allah swt dan menjadikan Allah swt sebagai Ghayah (Tujuan segala aktifitas, lillahi ta'ala), shg tumbuh sikap berserah diri sepenuhnya kpd Allah swt dan yakin apa yg dari Allah swt adalah yg terbenar dan terbaik.
2. Akhlak kepada Nabi Muhammad saw, yaitu sikap menjadikan Rasulullah saw sebagai Qudwah/uswah (teladan dalam hidup)
3. Akhlak kepada Al Quran dan Al Hadits, yaitu sikap menjadikan keduanya Pegangan dan Pedoman dalam semua aktifitas kehidupan.
4. Akhlak kepada Orangtua, yaitu sikap yg diajarkan oleh Rasulullah saw untuk Birrul Walidain
5. Akhlak kepada Sesama Manusia, yaitu sikap yg diajarkan oleh Rasulullah saw untuk berakhlakul karimah kepada sesama manusia
6. Akhlak kepada Alam semesta, yaiti sikap yg diamanahkan oleh Allah swt kepada manusia untuk menjadi khalifah fil ardh.✅
◀3⃣(Bu Irma, jatiwaringin)
Bagaimana metode mendidik karakter yg di lakukan cikgu dlm kesehariannya? konsep pendidikan sekolah alam itu aplikasi di rumah seperti apa ya? Terima kasih cikgu adrian ✅
▶3⃣Bunda Irma, pendidikan akhlak itu yg utama dan pertama harus dilakukan adalah TELADAN, sebagaimana Rasulullah saw dalam banyak haditsnya, jika berkaitan dengan akhlak, maka Rasulullah saw senantiasa memberikan teladan.
Maka kalau menginginkan anak yg berakhlak baik, maka mari ibu dan bapak sekalian, seiring dengan itu kita memperbaiki diri. Karena teladan terdekat anak-anak kita, adalah kita para ortu, dan tentu juga orang-orang terdekat lainnya.
Konsep pendidikan SA yg mendasar adalah 6 hal yg sebutkan pada jawaban saya atas pertanyaan bu Sofi.
Khusus di no 6 yaitu akhlak thd Alam Semesta, maka sikap sebagai Khalifah fil Ardh yaitu sikap mau belajar bersama alam (alam takambang jadi guru) , lalu menjaganya dan mengelolanya agar menjadi manfaat sebesar-besarnya bagi umat manusia.
Pendidikan akhlak , capaian didunianya adalah menjadi : manusia yg paling bermanfaat bagi manusia
خَيْرُ النَّاسْ انْفَعُهُمْ لِلنَّاس
Akhlak الا خلا ق itu kata pembentuknya sama dengan makhluk dan khalik, jadi secara sederhana, bisa dipahami bahwa :
Akhlak adalah segala sesuatu yg dilakukan makhluk yg sesuai dengan kehendak al khalik.✅
~bersambung insyaAlloh ke bag 2 ~
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
silakan jika ada yang mau berkomentar