Jumat, 27 Februari 2015

esume Diskusi Seru Mb Dini bareng Group HSMN-7

Resume Diskusi Seru Mb Dini bareng Group HSMN-7

Hari,tanggal: Sabtu,21 Februari 2015
Waktu:07.00-09.00 WIB
Tema: Kreatifitas yang Syar'i
Pemateri:Mb Dini "Wayang Kota"
Moderator:Ummu Nayarbi

��Prolog
Assalamualaikum Ibu-ibu HSMN semua, selamat pagi :). Perkenalkan saya DK. Wardhani, lebih sering dipanggil Dini. Saya ibu rumah tangga yang punya banyak keisengan lain, antara lain jadi dosen, crafter juga penulis buku anak. Hari ini kita akan sharing sedikit mengenai "Kreativitas yang Syar'i". Nah, saya sering sekali mendengar celetukan begini. Ah, saya mah ngga sekreatif lah mb. Atau gimana ya mau HE, ibunya ngga kreatif. Atau kok kepikir aja sih bikin ini itu.Hari ini kita akan diskusikan tidak hanya kreativitas buah hati, tetapi juga kita sebagai ibu kreatif.Apa sih kreativitas itu?Apa pentingnya kreatifitas?Apa pula kreatifitas yang syar i?
Hari ini kita diskusi ringan saja yaa... Saya berbagi pengalaman dan sedikit pencarian saya ttg apa itu kreativitas yg syar'i.
Saya agak curang canggih dlm mengoperasikan smartphone, jadi mohon maaf jika saya blm nemu juga tanda contreng, saya ganti tanda OK.
Pertama-tama apa sih kreativitas?
Banyak sekali jawaban yg bisa kita berikan. Kreativitas itu bisa jadi kemampuan memberikan solusi terhadap sebuah problem, bisa juga berarti inovasi, bisa juga cara berpikir yang out of the box.
Apa pentingnya kreativitas? Dalam kehidupan kita sehari-hari sangat-sangat memerlukan kreativitas, misalkan dlm mengelola waktu, membuat aktivitas seru dg anak-anak, mengelola keuangan, dll.
Nah, kenapa kreativitas harus syar'i? Karena secara singkatnya kreativitas kita adalah amanah Allah dan juga pemberian/titipan.
Sehingga kreativitas kita haruslah sesuai dg kehendak Sang Pemberi amanah tersebut.
Mungkin prolognya itu saja dulu yaa..., sekilas saya perkenalkan diri dulu saya lulusan Arsitektur ITB, saya dulu merasa juga kurang kreatif tapi ternyata kreativitas sangat bisa diasah dan dikembangkan. Bukan hanya kreativitas buah hati kita lho yg akan kita sharing hari ini, tp juga kita akan selalu perlu utk mengasah kreativitas kita.��

��Diskusi,Tanya Jawab
1⃣ mb dini subhanalloh kreatif bgt...biasanya dapat ide2 cemerlangnya darimana?sepertinya mb dini ga pernah kehabisan ide...
Oya mb dini..dg anak Oya mb saya suka ngikutin status fb nya mb dini...sering2 ya mb dishare keg. Anaknya...saya masih cetek ilmu dan krg kreatif...usahanya nyontek ibu2 hebat sana sini�� usia dini (21bln) saya ingin mengenalkan qur'an,adab dan akhlak kpd moral.bisa minta sarannya...hehe...syukron jazakillah khayran ya mb dini��(ummurafif)
J:������ Hallo ummu rafif, wah kita sudah fren ya di FB? FB saya 'dini' dian kusuma wardhani, monggo mampir
Iyah darimanakah datangnya kreativitas? Hmmm... Tentunya kita tidak bisa duduk manis seperti newton mengunggu apel datang dan kemudian menemukan teori gravitasi
Yang bisa kita lakukan tentu adalah harus pertama positif thinking
Jika sudah mengklaim saya mah ngga kreatif
Ini akan jadi mental block
Jadi alih-alih merasa tidak kreatif mari berpikir bahwa kita sudah dilengkapi perangkat yang cukup bahkan canggih oleh Allah.
Tinggal bagaimana mengoptimalkannya
2. Tulus dan cintai proses kita menuju kreatif
Bismillah, saya akan berusaha. InsyaAllah bisa atas ijin dariMu.
Nah suka, senang ini perlu. Karena dg suka dan senang cara explore kita thdp sesuatu hal jadi bukan beban, bahkan kita akan bisa membuka pintu2 yg menghambat kreativitas tsb.
3. Jangan diam, tp berikhtiar.
Kreativitas perlu dijemput, dilatih, diupayakan.
4. Kenali diri kita
Ini perlu pembahasan lebih lanjut nanti ya
5. Kalau saya biasanya kalau ada ide segera di catat, jadi kalau bisa ibu2 punya sketchbook deh. Jadi ngga segera menguap idenya.
Pas naik angkot, ada ide. Pas nunggu mhsw asistensi ada ide. Catet aja semua. Hehehe itu kalau saya.
6. Cari referensi dan perkaya vocabulary kita thdp kreativitas.
Ngga pernah liat yg bagus akan susah mengetahui apa itu bagus, misalnya.��

2⃣ 2⃣ Assalammu'alaikum teh dini.. sya selvi.. anak sya 2.. pertama usia 2,5 tahun dan yg kedua usia 3 bulan.. yg ingin sya tanyakan:
1.bagaimanakah tips n trick utk IRT kreatif membagi waktu, supaya urusan domestik selesai, urusan sma anak juga beres, termasuk main bersama dll.. dan qta nya nggal terlalu capek pada akhir waktu (malam hari maksudny)..
2.dalam pikiran saya, kegiatan2 kreatif itu hampir selalu melibatkan 'prakarya' atau sesuatu yg dihasilkan dari tangan kita.. nah, tantangan yg saya hadapi adalah, anak pertama sya sangaaaaat kinestetik dan linguistik.. selalu bergerak dan selalu bicara.. sya sngat kesulitan sekali utk membuatny mau berkarya dgn hal2 yg berhub dgn motorik halus.. nah bagaimanakah sebaikny kegiatan yg sya berikan, agar bisa mengoptimalkan minat kinestetiknya, tapi jga tdak tertinggal dlam mengoptimalkan motorik halusnya??��
J:������Hooaaaa pertanyaan Mb Selvi beraaat niiih hihihi.
Mb Selvi saya bukan psikolog, jadi saya share aja yg bisa saya jawab yaaa.
Anak saya kebetulan alhamdulillah kembar, co dan ce.
Nah keduanya ini beda banget karakternya sejak bayi cenger
Anak saya yg cowo ga suka prakarya babar blas
Saya pun sempat bingung trus gimana ya?
Plastisin ogah, finger painting emoh.
Ternyata sukanya cuma sama lego dan buku
Ya kreativitas itu kembali ke tadi yg saya sebut di atas.
Bukan cuma mslh kerajinan tangan saja
Tp gimana si kecil memecahkan masalah
Mencari tahu sesuatu, mengexplore sekitarnya itu sudah merupakan ciri kreativitas.
Jadi no worries
Pelan-pelan saja, tanpa paksaan utk menstimulir motorik harusnya.
Anak saya, coba saya dorong aja ke percobaan science dan lego serta balok natural.
Misalkan diajak storytelling, maju kedepan ayah bunda seperti tampil performa itu juga bisa digunakan, nanti apa yg dia kerjakan diminta diceritakan kembali.

Kalau bagi waktu, saya pun masih sering salto sana sini mbak.
Alhamdulillah utk pekerjaan rumah anak2 saya ajak membantu dari kecil.
Mereka paham di rumah hanya ada kita jadi kita gotong royong. Gitu��

3⃣ Mb Dini.. Ktmu dsini��
Mau tanya gmn memilih permainan anak yg syar'i sesuai dg usianya? Apa ada panduan kusus?(bu anha)��
J:������ Hmmm oke, perjalanan saya menemukan kreativitas yg syari cukup berliku hehehehe, karena begini yg kita sebut syar i ini pasti terkait dengan hukum yaa
Nah saya sangat menyarankan kepada ibu ibu semua, buat saya juga bahwa sbg muslim patut kita selalu belajar
Tholabul ilmi terutama ilmu syar'i
Saya pada awal tahu ttg ilmu syar i pun tidak bisa lgs menerima begitu saja. Perlu proses, berfikir, validasi, mencari bahan dll.
Nah terkait dg mainan syar i dg anak2 ibu dan ayah musti paham dulu apa sih syar i
Gimana hukumnya nih? Boleh, atau tidak semua sudah ada panduannya tinggal kitanya bagaimana
Saya bukan ustazah, cuma ibu rumah tangga biasa jadi saran saya yuk belajar bareng.
Pada dasarnya utk anak2 banyak hal yg diperbolehkan tp begitu mendekati akil baligh, atau saat mukallaf ada hukum2 yg akan berlaku pada mereka.
Saya sendiri masih terus mencoba menerapkan ini di rumah sambil menyiapkan mereka agar tidak terlena dg hal2 yg tidak syar i saat mukallaf
Kalau masyarakat kita, at least ibu2 paham ttg hal ini tentu pasar kreativitas syar i akan lebih luas lagi, karena muslim indonesia ini jumlahnya banyak.
semoga ngga mbulet penjelasan saya. Boleh nanti kita diskusikan lagi
Jadi biasanya kita menolak atau mengiyakan sesuatu itu karena tahu, tahu asalnya ya dari belajar
Makanya tholabul ilmi kedudukannya penting.
Setelah tholabul ilmi, trus kita jalankan di keseharian.
�� Kreativitas sebenernya ada 4 ranah,  ranah manusia,  proses berpikir,  lingkungan dan produk.
Kebanyakan kita mikirnya, yg kreatif ya yang bisa menghasilkan  barang atau produk.  Tapi sebenernya dari proses berpikir.
Ada proses berpikir divergen (meluas)  dan konvergen (menyempit)  yg harus dilakukan.  Divergen dulu baru konvergen
Misal ketika ada masalah, tdk langsung jump to conclusions, tapi dalami dulu akar masalahnya,  cari ide yg banyak utk menyelesaikan baru pilih ide.
Nah syar'i bisa dijadikan syarat ketika konvergen krn mgkn ada ide ide yg secara sunnah gak bisa dilakukan.(bu gita)��
������Nah ini Mb Gita sip nih... Terima kasih mb Gita. Betul itu... Syar'i adalah filternya yaaa... Jadi kreativitas musti tunduk pada penciptanya, bukan meluas tak terbatas bablas ��

4⃣ Saya lita di depok dengan 4 anak (12, 10, 4, 1 th) minta diberikan bayangan contoh pembagian waktu dari bangun dan kegiatan��
J:������ Waaah Mb Lita, anak saya cuma 2 jadi mungkin ndak bisa share banyak ini ttg mbagi waktu.
Anak saya 2 dan seumur.
Mereka seringnya main bareng.
Saya kalau sedang bekerja misalkan saya lg nggambar ilustrasi utk buku, ya anak2 saya ajak duduk di sebelah.
Saya kasih kuas dan cat air
Jadi saya selalu upayakan kalau saya ada kesibukan, mereka juga bisa terlibat. Kadang kita baca buku bertiga, atau njemur baju bareng, mberesin mainan bareng.
Mereka udah mau 7th jadi saya sudah agak bernafas hehehehe.
Saya belum menerapkan HS. Tapi, saya selalu berupaya utk menerapkan HE.��

5⃣ QQ ~ Meyke
Assalamu'alaikum teh dini, putra saya Javitz 8th, putri Ziva 3th. Keduanya kinestetik n visual pic.
Tapi yg J hobby menggambar dan menggunting, dan kreativitas lainnnya.

Sementara adiknya Z, sampe sekarang baru bisa bikin lingkaran, huruf A saja.
Dia bosan gunting tempel. Dan gak suka nonton Mr. Maker (Aa nya mah fans beratnya)

Padahal dulu kakaknya J umur 3 th sudah bisa gambar saya sedang duduk di sofa (walaupun acak adut).

Jadi gmn ya aktivitas prakarya utk si toddler ini?

Dan apa yg dilakukan Rasulullah dalam mengasah kreativitas anak dan cucunya..?��
J:������Oke Mb Meyke, yg toodler cewe ya? Apa mungkin bisa diajak baking?
Memang tiapa anak ngga sama ya walaupun common sensenya anak itu dasarnya semua kita kira suka nggambar dan prakarya
Ternyata tidak juga..
Anak saya yg cewe 2th udah pegang pensil dengan benar, skrg 6th udah bikin komik lengkap dengan bubble dialog. Tidak saya ajari, dia coba sendiri
Tapi tadi yg cowo tidak seperti itu, bahkan kebalikannya. Dia tidak suka pegang pensil.
Jadi menurut saya mungkin dilihat dulu di obsevasi, kalau perlu dicatetin keseharian si toodler apa yg buat dia suka dan tidak itu dibuatkan checklist.
��Mb qq:Iya toddler yg cewek, hobi nya manjat��
Oh..suka main lego
J:������Nah mungkin dia tipe belajar naturalis mb Mey.Gapapa atuh, ngga harus suka prakarya
��mb qq:apakah naturalis itu?
J:������ Mungkin malah sukanya discovery channel hehehe
��mb qq:ya... dua2 nya hobi reptil
J������:Mb Mey bisa pelajari ttg kecerdasan m

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silakan jika ada yang mau berkomentar