Selasa, 24 November 2015

Kurikulum Homeschooling Keluarga

Kiki Barkiah
Membongkar tulisan yang ditulis 4-5 tahun lalu. Sambil mengevaluasi pencapaian perjuangannya. Alhamdulillah masih keep moving forward sampai saat ini. Walau perjuangannya masih panjang. Kapan kapan insya Allah di share koleksi buku kami yang kami investasikan untuk mewujudkan visi misi dan output homeschooling kami.

Kurikulum Homeschooling Keluarga

Kiki Barkiah dan

Aditya Irawan

Visi: Membangun Generasi Keturunan yang Sholih, Muslih, Hafizh dan Produktif

Misi:
Mendidik keturunan yang berkomitmen dalam akidah dan ideologi Islam
Mendidik keturunan yang berkomitmen dalam syariah
Mendidik keturunan yang berkomitmen dalam berakhlak yang sesuai dengan nilai-nilai islam.
Mendidik keturunan yang mampu melakukan islah pada dirinya dan orang lain
Mendidik keturunan yang mampu melakukan islah pada lingkungan dan alam sekitar
Mendidik keturunan yang mampu melakukan islah pada dunia islam
Mendidik keturunan yang mengenal potensi dirinya dan mampu memilih peran dalam peradaban
Mendidik keturunan yang dapat mengoptimalkan peran kekhalifahan yang di emban untuk memajukan peradaban

Kualifikasi Anak Yang Ingin Dicapai

1. Mendidik Keturunan yang Berkomitmen Akidah dan Ideologi Islam

1.1 Anak Mengenal Allah
1.1.1 Anak memahami Tauhid Rububiyah
Allah sebagai pencipta
Allah sebagai pemberi rezeki
Allah sebagai Pemilik
OUTPUT:
Anak memiliki kepribadian yang selalu bersyukur kepada Allah
1.1.2 Anak memahami Tauhid Mulkiyah
Allah sebagai pemimpin
Allah sebagai pembuat hukum
Allah sebagai pemerintah
OUTPUT:
Anak selalu berupaya menjalankan seluruh aktifitas yang sejalan dengan hukum Allah
1.1.3 Anak memahami Tauhid Uluhiyah
Allah yang disembah
OUTPUT:
Seluruh amal perbuatan anak-anak tidak sia-sia karena ditujukan kepada Allah

1.2 Anak Mengenal islam
1.2.1 Anak mengenal konsep "Islam The Way of Life"
OUTPUT: Siswa termotivasi untuk belajar Al-Quran sepanjang hayat
1.2.2. Anak mengenal konsep syumuliatul islam dalam sisi ruang, waktu, dan seluruh aktifitas
OUTPUT: Siswa beristiqomah dalam iman islam

1.3 Anak Mengenal konsep hari akhir dan negeri akhirat
1.3.1 Anak mengenal konsep pertanggungjawaban amal perbuatan
OUTPUT:
Anak termotivasi selalu beramal baik
1.4 Anak mengenal malaikat
1.4.1 Menyadari bahwa syaitan adalah musuh nyata baginya
OUTPUT:
Anak selalu berupaya melawan dan menjauhi syaitan serta perbuatan yang akan menjadikan dirinya sebagai teman syaitan

2. Mendidik keturunan yang berkomitmen dalam syariah

2.1 Anak mengenal konsep “Rasulullah sang Teladan”
OUTPUT:
Anak menjadikan Rasulullah SAW sebagai idolanya
2.2 Anak mengenal konsep bahwa mengaplikasikan islam berarti meneladani/itiba Rasulullah
OUTPUT:
Anak belajar mengaplikasikan sunnah Rasulullah dimulai dari hal-hal sederhana dalam keseharian

3. Mendidik keturunan yang berkomitmen dalam berakhlak yang sesuai dengan nilai-nilai islam.

3.1 Anak memiliki akhlak yang baik terhadap Allah

3.1.1 Anak Membangun kedekatan dengan Allah

OUTPUT:
Anak mengaplikasikan doa-doa harian
Anak senantiasa berdoa kepada Allah atas apapun yang diinginkan
Anak terlatih melakukan Qiyamul lail minimal 3x seminggu di usia 14 tahun
Anak tebiasa melakukan dzikir Al-matsurat minimal 1x sehari
Anak terbiasa membaca Al-quran 1 juz per hari di usia 14 tahun
Anak memiliki budaya menghafal Al-Quran setiap hari
3.1.2 Anak beribadah dengan Ikhlas dan ihsan

OUTPUT:
Anak dapat melakukan ibadah mahdoh dengan baik dan benar minimal dalam ibadah wudhu, tayamum, shalat, dan shaum
Anak gemar melakukan sedekah
3.2 Anak memiliki akhlak yang baik terhadap manusia

3.2.1 Anak memiliki akhlak yang baik terhadap orang tua

OUTPUT:
Anak memahami dan mengaplikasikan birul walidain
Anak hormat dan patuh pada guru
3.2.2 Anak memiliki akhlak yang baik terhadap muslim

OUTPUT:
Anak memiliki budaya saling menasihati
Anak memiliki budaya tolong-menolong dalam kebaikan
Anak terlatih melakukan amar ma’ruf nahi mungkar
3.2.3 Anak memiliki akhlak yang tepat terhadap non Muslim

OUTPUT:
Anak bersikap saling menghormati dan menghargai perbedaan agama
Anak mengenal aturan islam yang mengatur hubungan dengan muslim dengan non muslim

3.3 Anak memiliki akhlak yang tepat terhadap lawan jenis

OUTPUT:
Anak mengenal adab-adab pergaulan dengan lawan jenis yang diatur oleh islam
Anak terhindar dari fitnah yang berkaitan dengan kebebasan pergaulan lawan jenis

3.4 Anak memiliki akhlak yang baik terhadap alam

3.4.1 Anak mengenal konsep khalifah di muka bumi

3.4.2 Anak mengenal beberapa pemanfaatan alam
OUTPUT:
Anak selalu berusaha menjaga alam
Anak memiliki budaya berkarya memanfaatkan alam

3.5 Anak memiliki kepribadian/karakter mulia

OUTPUT:

Anak mengenal konsep, berlatih mengaplikasikan dan senantiasa meningkatkan karakter-karakter berikut
Baik Hati\
Sederhana
Murah Hati
Adil
Ramah
Sopan
Pemaaf
Rendah Hati
Memenuhi Janji
Jujur
Rela Berkorban
Penuh Cinta
Humoris
Pemberani
Bersahaja
Tulus
Bertekad Kuat
Tidak Berlebihan
Gigih
Gemar Menolong
4.

Mendidik keturunan yang mampu melakukan islah pada dirinya dan orang lain

4.1 Anak mengenal konsep mencintai karena Allah membenci karena Allah
OUTPUT:
Anak memiliki budaya saling tolong menolong dalam kabaikan dan ketaqwaan
Anak menghindari sikap saling tolong-menolong dalam keburukan dan kemaksiatan
4.2 Anak mengenal konsep berkomunikasi efektif dan bekerjasama dalam tim OUTPUT:
Anak memiliki akhlak komunikasi yang baik dengan orang lain
Anak terlatih bekerjasama dalam tim
5. Mendidik keturunan yang mampu melakukan islah pada lingkungan dan alam sekitar

5.1 Mengenal konsep amar ma’ruf nahi mungkar
OUTPUT:
Anak memiliki jiwa yang senantiasa melakukan perbaikan (islah) pada lingkungan sekitar
6.

Mendidik keturunan yang mampu melakukan islah pada dunia islam

6. 1 Anak mengenal konsep muslim itu bersaudara
OUTPUT:
Anak merasa bagian dari ukhuwah islamiyah
memperlakukan sesama muslim layaknya saudara
6.2 Anak mengenal isu-isu global dunia islam khususnya palestina
OUTPUT:
Anak memiliki kepedulian terhadap nasib saudara-saudara muslim di palestina yang diwujudkan dalam hal-hal sederhana seperti doa dan dana
6.3 Anak mengenal konsep khilafah islamiyah
6.4 Anak mengenal sejarah kejayaan islam di masa lalu
6.5 Anak Mengenal sejarah perjuangan islam di masa Rasulullah SAW
6.6 Anak mengenal sejarah dunia dan faktor penyebab kejayaan dan keruntuhan sebuah bangsa
OUTPUT:
Anak memiliki semangat berkarya untuk membangun islam
7. Mendidik keturunan yang mengenal potensi dirinya dan mampu memilih peran dalam peradaban

7.1 Anak

Mengenal Potensi Diri dan Mengenal cara mengembangkan potensi diri
OUTPUT:
Anak m
emiliki budaya belajar dan berkarya sepanjang masa
7.2 Anak

Mengenal konsep jihad secara luas
OUTPUT:
Anak memiliki cita-cita berkontribusi di jalan Allah dan semangat untuk mewujudkannya
7.3 Anak mengenal sebanyak-banyaknya pilihan peran/profesi untuk berkontribusi di jalan Allah
7.3.1 Anak mengenal variasi peran di bidang pemikiran/ilmiah
7.3.2 Anak mengenal variasi peran di bidang kepemimpinan
7.3.3 Anak mengenal variasi peran di bidang keahlian/profesi
7.3.4 Anak mengenal variasi peran di bidang finansial
Output:
Anak telah menentukan spesifikasi ilmu yang akan dipelajari untuk mengemban peran kekhalifahan yang telah dipilihnya di usia 14 tahun
Anak telah mulai menjalankan peran kekhalifahan yang ingin diemban di usia 21 tahun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silakan jika ada yang mau berkomentar