Jumat, 09 September 2016

Sharing HS usia SMP

Resume KULWAP ONLINE HSMN Semarang

👰 Narasumber : Bunda Putri Ramdhani
🗓 Hari/Tanggal : Jumat 2 sept 2016
🕰 Pukil : 13.00 - 14.30
📋 Tema : Sharing HS usia SMP

📝 Notulen : Bunda Erny Ratna
🎤 Moderator : Bunda Annissa Albirru
            
*Profil Narasumber    
Putri Ramdhani Catur Setyorini, ibu dr 3 anak, sbb:
1. R.M. Hisan, 14 thn
2. Asma Wafa, 8 thn
3. Hikma Shabrina, 5 thn

Usia 35thn. Suami, Nuke Pratama (42thn).
Aktivitas utama, ibu rumah tangga. Kalau sampingannya banyak, multifungsi 😄         

👑OPENING
HS merupakan salah satu alternatif dalam pendidikan anak usia sekolah. Dalam definisi Diknas, usia wajib sekolah mulai dari 7 tahun. Di bawah 7 tahun, belum wajib sekolah (formal).

Kalau belajar, mulai dr lahir sampai masuk liang lahat, wajib prosesnya. Kalau saya, belajar itu utk mencari hikmah. Sekolah itu utk mencari wawasan.

Pilihan untuk HS banyak latar belakangnya. Setiap orang/keluarga berbeda alasan. Tujuan, visi, misi, target, komitmen, konsekuensi dsb juga berbeda2. Dikembalikan lagi kepada para pelaku HS.

Kalau kami, cukuplah yg terkandung dlm surat Luqman menjadi dasar kami mendidik anak2. Untuk strategi, teknik, metode dsb, disesuaikan dengan keunikan msg2 anak

Contoh dan kisah dari tauladan kita, Muhammad Rasulullah SAW, para sahabat, dan orang2 yg dianggap berhasil mendidik anak2nya menjadi manusia2 yg soleh/hah, berkualitas, dan bermanfaat buat ummat manusia

Satu yg harus kita ingat sebagai orangtua... Anak2 kita adalah pribadi yg berbeda, mereka bukan kita, dan Allah SWT yg Maha Berkehendak, doa yg utama 👍🏻

Tanya jawab
1⃣(Bunda Diah)~mulai HS dr anak pertama langkah pertama persiapan apa aja utk bisa HS mandiri dirmh?               

📝Jawab : Anak saya yg HS yg paling besar, Hisan. Yg Wafa sekolah kls 3 di sekolah komunitas juga. Hikma blm sekolah. Hisan sempat pesantren 1 smt, stlh itu keluar, krn tidak betah, dan ada alasan yg menurut dia prinsipil. Sy ga bisa ungkap. Hanya saja, alasan dia utk keluar pesantren, bagi kami ortunya, alasan yg ga penting2 amat, ternyata bagi dia itu penting dan prinsipil.

Dr sini kami belajar, sbg ortu, oh ya... dia manusia yg berbeda, dia bukan kami. Ada ucapan dia yg masih teringat sm kami... "Ayah, Bunda bukan yg menjalani, tapi Hisan yg menjalani, yg di pesantren Hisan, bukan kalian"

Persiapan nya, terus terang, sy cari komunitas. Alhamdulillah ketemu HSMN. Banyak belajar jg dr Bu Ida, Mbak Mey, dan Teh Patra. Baca2 pengalaman orang, habis itu ya langsung nyebur...

Kedua, saya dan suami sepakat dulu mau HS. krn sy butuh bantuan dr suami kalau emang kita mau HS.

Ketiga, rapat bertiga sm Hisan. Buat SWOT dlm HS.
Keempat, buat komitmen dan konsekuensi dg Hisan. Kelima, rapat dg anggota keluarga yg lain. Setelah siap, kita jalani.

Hisan pernah jenuh? Pernah komplain, ya kami tantangin lagu maunya gimana. Kami evaluasi, perencanaan  dan habis itu dia semangat lagi. Dia belajar pelajaran yg di UN kan saja.

Tambahannya: bahasa pemrograman, hafalan AQ, panahan, bahasa asing (Jerman).
Krn HS SMP, dia bisa mandiri belajarnya. Kami cuma kasih kisi2, dan dasarnya, dia bisa pendalaman sendiri. Kl ada yg ga ngerti, baru diskusi✅

2⃣(bunda dilla)~bgmn tanggapan kluarga besar dan bgmn mnyikapi kluarga yg kontra dgn HS? Kmudian apa saja garis besar materi yg diajarkan? Trmksh.

📝 Jawab:  Keluarga besar yg komplain  dr kakek neneknya. Dr pihak suami kan akademisi banget, bahkan sempat terucap, mosok ayah nya S2 Jerman, anaknya ga sekolah... 😂. Tapi krn kami sudah komitmen maju terus pantang mundur... jd cuek aja.

Hisan sempat bermasalah dg neneknya, tapi ya itu sbg pembelajaran juga buat Hisan, kami, dan neneknya. Alhamdulillah, bude2 dan bulek2 nya mendukung, jadi kami juga dibelain sm mereka. Hisan nya dikuatkan, disemangatin, didukung.

Saudara sy perempuan semua, pun dg ayahnya. Alhamdulillah, sekarang dah kondusif. Hisan juga cuek. Utk teman2nya, alhamdulillah tidak ada yg ngebully 😁

Garis besar materi, aqidah, akhlak, ibadah. Itu Bun. Untuk materi pelajaran sekolah Yg di UN kan. IPA, IPS, Bhs. Indonesia, Bhs. Inggris, Matematika✅                           

3⃣ bunda ayu)~ sy blm memutuskan utk HS krn memang usia anak sy masih 5th..Tp kelihatannya itu yg dia minta,jd sy mulai mencari tahu yg harus sy lakukan..

Yg sy tanyakan,bgmn dgn pergaulan dan sosialisasi Hisan?Lalu bgmn tipe Hisan mba?Apakah anaknya suka berteman dgn banyak org atau suka pertemanan yg sedikit orang tp intens dan dekat?
terimakasih.

📝  Jawab: Usia 5 masih santai ya... sy termasuk yg santai. Target anak balita, bisa ngaji, bisa baca sendiri, bisa wudhu, bisa sholat, ke masjid sm teman2 😊
Hisan termasuk yg mudah bergaul. Dia tipe pengamat. Jadi kl sm teman2 nya, dia tuh kalem, termasuk yg disukai juga sih... maksudnya, krn dia diem, sekali dia bicara, teman2nya biasanya nurut. Dia tipe yg sedikit teman, tapi intens 👍🏻😊
Itu warisan pendidikan dr orangtua saya. Sedikit menambahkan, kami termasuk yg berprinsip, anak2 bisa mengaji AQ dan baca harus dr ortunya✅

4⃣ (bunda yulia)~ perlukah ada semacam latihan soal seperti tes kalo dalan sekolah formal?.

📝 Jawab : perlu Bun
Sekarang sedang kami evaluasi. Untuk mengetahui sejauh mana daya tangkap materi dan pemahaman akan soal2 yg ditanyakan.

Krn sekarang dah kelas 9, dan dia mau punya ijazah. Jadi kami mulai latihan mengerjakan soal dg target waktu. Krn paham yg ditanyakan bisa jadi salah satu tolok ukur pemahaman materi yg disampaikan.

5⃣(bunda erny)~Boleh mnta gmbaran  kurikulum hs bunda putri utk putra/iny sprti apa. Dan anak anakany ikut komunitas kah utk asah pergaulan sosialnya, dan bila ikut sejak kapan?

📝 Jawab: komunitas ikut HSMN aja. Krn td itu, tipe Hisan senang yg sedikit teman tp dekat, tenang, drpd yg banyak, heboh, tp ga ada bonding nya. Dia ikut klub panahan. Disitu dia bergaul sm bapak2, ibu2, teman sebaya, adik2, dsb. Dan dia suka ikut panahan

Kurikulum utk Hisan, mengacu ke Diknas. Yg menarik temanya, kita dalami. Yg dia ga tertarik, ya secukupnya aja.

Kl utk Wafa, sekolahnya sekolah komunitas. Kurikulum nya mengacu ke Diknas juga, tp mirip HS. Belajar yg di UN kan saja (pelajaran inti), tahfidz, keterampilan dan ketangkasan. Kurikulum bisa berubah sesuai kebutuhan peserta didik.

Kalo utk Hikma, ga pakai kurikulum 😁. Lebih ke pembiasaan sholat, wudhu, ke masjid. Alhamdulillah Hikma sudah bisa baca dan mengaji di usia 5 ini. Paling telat dibanding kakak2nya. Soalnya Hikma ini agak ngeyel, kl udah ga mau, dia konsisten utk ga mau 😂agak susah dibujuk ✅

📒Penutup dan Kesimpulan:

1. Santai dalam belajar. Ingat, target ortu belum tentu target anak.

2. Tiap anak unik. Jangan samakan. Jangan paksakan.

3. Kl sudah memutuskan HS, konsisten, komitmen smp tuntas. Siap utk bongkar pasang sesuai kebutuhan. Jangan membandingkan antar anak. Karena tiap anak istimewa.

4. Allah SWT sebaik2 penjaga dan pemelihara. Maka, serahkan kembali kepada Nya. Kita cuma berusaha.       

〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
🔅🔆🔅🔆hsmn🔆🔅🔆🔅
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
👥facebook.com/hsmuslimnusantara

📷 instagram: @hsmuslimnusantara

🐤 twitter: @hs_muslim_n

🌐 web:
hsmuslimnusantara.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silakan jika ada yang mau berkomentar