Resume Sharing di Grup wa HSMN Depok mengenai Homeschooling bersama Bunda Yanti
Moderator : Mbak Naris
Notulen : Widi Nur
Biodata :
🔆Nama lengkap : Maryanti
🔆Nama panggilan : Yanti
🔆TTL : Jakarta, 12 maret 1985
🔆Alamat : Perum puri mas perdana Blok a1. No. 7 Pondok Rajek
🔆Nama anak dan usia:
1. Ayesha Iltizam (5th)
2. Shafiyyah Yusriah (2,5th)
🔆Pendidikan terakhir : S1
🔆Aktivitas : Mengajar
🔆Motto hidup : Bahagia dengan Ridho اَللّهُ.
Assalamu'alaikum Bunda-bunda capinsol... Afwan baru muncul,,, keberadaan saya disini bukan berarti saya lebih hebat dari Bunda semua,, cuma sedikit berbagi pengalaman semoga ada manfaat didalamnya..
Alhamdulillah atas kuasa اَللّهُ kami disini bersama teman2 sudah mengambil keputusan untuk hs.
Untuk saya pribadi mungkin belum seberapa sepak terjangnya dibanding teman2 disini karna usia anak saya masih dikategorikan usia prasekolah.
Namun sebisa mungkin sudah saya kondisikan bgmn semestinya dia bersekolah dirumah... Sehingga jika ada teman2 or tetagga yang bertanya sebelumnya anak saya dengan PDnya selalu menjawab ' aku sudah sekolah kok, dirumah, sama Umi,,,'
Untuk aktifitas sehari2 ada jadwal khusus untuk anak2 belajar seperti disekolah seusianya walaupun kadang berubah2 namun tetap dikomunikasikan. Selebihnya berjalan seperti biasa tapi tetap dalam rangka belajar2 dan belajar ( bermain yg bermakna )
Bagaimana membagi waktunya,, nah itu dia tantangan sekaligus kadang menjadi hambatan bagi saya,, bagaimana peran saya sebagai istri, ibu dan guru buat anak2 sekaligus..
Tetap prioritas a/ bagaimana agar aktifitas yang saya lakukan tetap di ridhoi suami,, setelah itu memberikan hak anak terhadap ibunya,, intinya adalah komunikasi dan teratur.
Yah mungkin kurang lebih itu saja sebagai pembuka... 😊
Pertanyaan :
1. Apakah ummu ayes dan keluarga memiliki jadwal harian tetap dan runut per jamnya? selalu mengusahakan konsisten dengan jadwal harian kah?
Apa ummu ayes merancang kurikulum sendiri?
Bagaimana menghadapi diri sendiri yg dihalau rasa malas saat jadwal belajar anak2? Apakah flexi time dipindah ke jam lain ato tetap di jam tersebut
Terima kasih
Miranty ummu Taqiyya & Tsabita
Jawab :
Jadwal harian punya tapi tidak pekem,,, 😊, selalu ada perbaikan berkala
Kurikulum buat sendiri namun tetap ada acuannya
Kalau hanya rasa malas yah dilawan mba,, tapi kalau alasan lain yg tidak bs ditawar lagi ya feksibel tp tetap dikomunikasikan dengan anak
2. Bisakah mba yanti menuliskan jadwal yg udah dibuat dan referensi yg dipakai apa aja?
Jawab :
05.00-06.00= bangun tidur, sholat subuh, murojaah bersama
06.00-07.30= bermain diluar rumah( saya menyiapkan sarapan )
07.30-08.15= mandi + sarapan
08.15-10.30= tahfiz
10.30-11.30= bermain dg teman sebaya
11.30-12.30= isoma
12.30-14.00= belajar
14.00-15.30= tidur
15.30-16.30= mengaji/bermain dg adik
16.30-17.30= eksporasi
17.30-18.00= mandi persiapan magrib
18.00-19.30= belajar hijaiyah,hafalan, baca
19.30-20.00= isya+pembacaan alquran+artinya
20.00-20.30=story telling
09.30--- tidur
Itu jadwal kakanya, adiknya menyesuaikan,, saat ini anak2 sdg saya ajak ke rumah tahfiZ
Sebelumnya di jadwal tahfiz saya pakai u/ jadwal seperti anak2 belajar di tk
U/ referensi sy pakai metode Lukman, dan tahapan perkembangan anak seusianya.
3. Assalamu'alaikum..
mba Yanti, ketika anak2 d usia prasekolah banyak hal yg harus kita persiapkan..basic pelajaran/kurikulum sprt apa yg anak usia prasekolah harus sdh kuasai?kadang kt bingung mau jejelin anak2 apa, saking bnyk yg harus kt kasih..smntr keterbatasan waktu n tenaga mngurus rmh serta 2balita n 6th..trima kasih...
Nina Maziza
Jawab :
Kerjasama dengan suami itu sangat penting..
Kalo pelajarn apa saja u/ prasekolah itu tidak lepas dari keseharian,seperti kecerdasan kata, kematangan motorik, kematangan karakter ( adab2 ), dan yang tidak kalah penting adalah tauhid
Itu semua bisa digarap sekaligus intinya kita faham dulu tahapannya, bisa di google tahapan perkembangan anak berdasarkan usianya.
Point yang tidak kalah penting juga masalah akademis, karena itu yang nanti juga akan dilihat oleh keluarga n masyarakat.
Bisa di garap saat interaksi dg anak, klo sy memposisikan apa saja yg ada disekitar anak sbg media belajar. Alhamdulilllah anak pertama saya saat itu usia 3th sdh bs berhitung, kenal konsep dan lambang, juga bs menbaca latin juga iqro
Memang perlu banyak pengorbanan,, misalnya saat anak tidur kita tetap eksis dg pekerjaan rt, kalopun keteter bisa tetap disambi ngajarin anak2 kerjasama apa yg bs dilakukan anak fasilitasi saja asal tetap aman.
Kalo saya sejak awal memprioritaskan kerjaan dapur dulu,, untuk yg lain bs disambi2 or saat anak sedang tidur, or malam saat ada suami dg begitu suamikan tau tuh kalo kita jg sibuk,,, dibantuin deh jadi penganten baru lagi,,, 😍
Ini targetnya 10 CIRI MUSLIM SEJATI ~~
1.SALIMUL AQIDAH (Aqidah yang bersih) Salimul aqidah merupakan sesuatu yang harus ada pada setiap muslim.
Dengan SALIMUL AQIDAH seorang muslim akan memiliki ikatan yang kuat kepada ALLOH Subhannahu Wa Ta"ala.
Dengan ikatan yang kuat itu dia tidak akan menyimpang dari jalan dan ketentuan-ketentuanNya.
“Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku, semua bagi ALLAH tuhan semesta alam” (QS. Al-An’aam [6]:162).
2. Shahihul Ibadah (ibadah yang benar)
Shahihul ibadah merupakan salah satu perintah Rasulullah yang penting. Dalam satu haditsnya, beliau bersabda:
“Shalatlah kamu sebagaimana melihat aku shalat”.
3. Matinul Khuluq (akhlak yang kokoh)
“Dan sesungguhnya kamu benar-benar memiliki akhlak yang agung” (QS. Al-Qalam [68]:4).
4. Qowiyyul Jismi (kekuatan jasmani)
“Mukmin yang kuat lebih aku cintai daripada mukmin yang lemah. (HR. Muslim)
5. Mutsaqqoful Fikri (intelek dalam berfikir)
Mutsaqqoful fikri merupakan salah satu sisi pribadi muslim yang juga penting. Karena itu salah satu sifat Rasul adalah fatonah (cerdas). Al Qur’an juga banyak mengungkap ayat-ayat yang merangsang manusia untuk berfikir, misalnya firman Allah yang artinya:
“Mereka bertanya kepadamu tentang khamar dan judi. Katakanlah: “pada keduanya itu terdapat dosa besar dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya”.
Dan mereka bertanya kepadamu apa yang mereka nafkahkan. Katakanlah: “Yang lebih dari keperluan”. Demikianlah ALLAH menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu supaya kamu berfikir” (QS. Al-Baqarah [2]: 219)
6. Mujahadatul Linafsihi (berjuang melawan hawa nafsu)
Mujahadatul linafsihi merupakan salah satu kepribadian yang harus ada pada diri seorang muslim karena setiap manusia memiliki kecenderungan pada yang baik dan yang buruk. Melaksanakan kecenderungan pada yang baik dan menghindari yang buruk amat menuntut adanya kesungguhan.
“Tidak beriman seseorang dari kamu sehingga ia menjadikan hawa nafsunya mengikuti apa yang aku bawa (ajaran Islam)” (HR. Hakim)
7. Harishun Ala Waqtihi (pandai menjaga waktu)
Harishun ala waqtihi merupakan faktor penting bagi manusia. Hal ini karena waktu mendapat perhatian yang begitu besar dari ALLAH dan Rasul-Nya. ALLAH banyak bersumpah di dalam Al Qur’an dengan menyebut nama waktu seperti wal fajri, wad dhuha, wal asri, wallaili dan seterusnya.
8. Munazhzhamun fi Syuunihi (teratur dalam suatu urusan)
Munazhzhaman fi syuunihi termasuk kepribadian seorang muslim yang ditekankan oleh Al Qur’an maupun sunnah. Oleh karena itu dalam hukum Islam, baik yang terkait dengan masalah ubudiyah maupun muamalah harus diselesaikan dan dilaksanakan dengan baik. Ketika suatu urusan ditangani secara bersama-sama, maka diharuskan bekerjasama dengan baik sehingga ALLAH menjadi cinta kepadanya.
9. Qodirun Alal Kasbi (memiliki kemampuan usaha sendiri/mandiri)
Qodirun alal kasbi merupakan ciri lain yang harus ada pada diri seorang muslim. Ini merupakan sesuatu yang amat diperlukan. Mempertahankan kebenaran dan berjuang menegakkannya baru bisa dilaksanakan manakala seseorang memiliki kemandirian terutama dari segi ekonomi. Tak sedikit seseorang mengorbankan prinsip yang telah dianutnya karena tidak memiliki kemandirian dari segi ekonomi.
10. Nafi’un Lighoirihi (bermanfaat bagi orang lain)
“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain”
(HR. Qudhy dari Jabir)
Kesepakatan dengan suami paling penting,, perlu diskusi yg panjang jg, contohnya kami, suami mengambil keputusan untuk wiraswasta n saya sebagai pengajar. U/ suami selain waktunya fleksibel sebagai bekal juga buat mengarahkan anak u/ menciptakan lapangan pekerjaan nantinya. Karena tujuan sekolah sekarangkan tidak dipungkiri u/ dapat ijazah dan cari kerja,, nah kami balik tuh pemahaman itu,, kita sekollah or belajar bukan u/ bekerja tp u/ menciptakan lapangan kerja minimal buat sendiri syukur buat ummat,, nah klo saya mengajar bukan cuma profesi tapi hobby, karena dengan mengajar akan terus termotivasi u/ terus belajar n up date dg perkembangan pendidikan. Tp tetap ga mau yg terikat apa lagi full day jd prioritas tetap keluarga n anak.
Catatan,, adanya tpa or pendidikan non formal disekitar bisa kita pakai u/ menstimulus kecerdasan sosial anak jd walaupun anak ga sekolah tetap lues dlm bergaul
Terakhir saya mengajar di lembaga pendidikan sebelum menikah setelah itu saya hanya mengajar prifat kerumah2 n buka tpa n bimbel dirumah, jd anak tetap ke handle, alhamdulillah sekarang اَللّهُ izinkan kami membuat rumah tahfiz selain buat anak sendiri manfaat juga buat masyarakat...
4. Bunda yanti, bagaimana 3 tahun bs baca latin+iqro? Karena kan biasanya anak suka bingung kanan-kirinya..
Jawab :
Y di prioritaskan mana dulu bun,, coz pengalaman saya jika dimulai bersamaan hijaiyyah n abjad memang ngebingungin
Pengalaman anak pertama, saya dahulukan abjad terlebih dahulu,, untuk alquran didahulukan hafalannya
Setelah anak hafal abjad baru deh hijaiyyah menyusul
5. Mau Tanya, untuk metode hafalan untuk anak usia kurang Dari 5 tahun yang efektif gimana bun?
Jawab : panduannya adalah gaya anak belajar beda2, ada yg lebih dominan dg gerak (kinestetik), melihat (visual), or audio atau bs jg perpaduan
Tahapannya anak belajar dari yg konkret, semi abstrak baru abstrak
Seperti yg dibilang ust. Herfi,Banyak2 didengerin bun, n kurangi bahkan hindari musik
Kembali lg u/ metode baca dr pengalaman saya mennggabungkan beberapa metode inilah hasilnya allhamdulillah sudah terbukti hasilnya. Sebelum ke anak saya sdh sy terapkan pd murid bimbel.
Nada juga pengaruh ke pola yah bun... Usahakan 1 nada
Coba baca berulang2 QS.Lukman : 12-19
Ada 9 point penting disitu lalu cari lagi ayat2 yg mendukung tiap pointnya jadi deh panduan buat target2 pembelajaran,, apalagi sdh dapet bocoran tahapan pendidikan sesuai usianya dr kajian kemaren,,, makin gampang deh buat kurikulum... اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ
6. Mulai usia brp anak sudah diajak belajar mba? Klo anak usia 2thn itu aktifitasnya seperti apa mba? Terimakasih.
Hafifah
Jawab :
Masih ingat ucapannya ust.herfi afwan klo sering menyebut beliau karena qodarulllah blm llama kita duduk bareng belajar dg beliau... Hëhëhëhë
"Bermainnya anak a/ bekerjanya mereka" lagi2 sambill bermain,, jangankan usia 2th masih diperut juga dah aku ajak belajar... 😍
Maksudnya mba afifah belajar yg mana nih,,, dr bangun tidur sampai tidur lg anak2 tetap dalam aktifitas belajar ( dg melihat mendengar n bergerak ) selalu ada yg baru buat mereka
Tidak lepas dari komunikasi n stimulus yah..
Sudah mulai dikomunikasikan masalah syukur nikmat, tauhid, kemandirian, diperdengarkan hafalan2, konsep dan simbol2. Melalui komunikasi ringan, bermain serta permainan,adab2 serta bgmn bersikap pd ortu.
Contoh u/ pengenalan warna misalnya: subhanallah adik hari ini pakai baju warna pink yah? Cantik... Pengenalan huruf: dengan memperbanyak lebel kata pada benda2 sekitar, motorik: dengan meremas dll. Yg jadi acuan perhatikan tahapan perkembangan yg seharusnya sudah dan harus dilalui itulah yg jd prioritas bun,,,
Kalo u/ hafalan2 dr usia 0 pun bisa diajarkan berikut bahasa nanti saat ia sudah lacar berbicara tinggall mereview saja..
7. Adakah susunan target or istilahnya kalo disekolah rapot u anak2? bolehkah di share? Mbak Nova
Jawab :
Yah itu tadi mba jgn perkosa hak anak,, kita juga harus faham tahapan perkembangan anak.. Semuanya butuh stimulus dr lingkungan terutama keluarga. Melebihi salah kurang juga zolim,, memang tidak gampang harus konsisten. Target memang perlu krna klo mengalir begitu saja ga jelas juga hasilnya,, namun jangan dipaksakan karena perkembangan n kemampuan anak beda2 n fahami juga gaya belajarnya. Contohnya jika anak termasuk dalam kategori aktif jgn paksakan juga u/ duduk tenang tp jgn juga dibiarkan begitu saja.
Dari dini kita latih anak bahwa semua ada aturannya... Begitu juga masalah coret2 tembok... Boleh2 saja klo dirumah sendiri,,, klo dirumah org begimana dah tuh... 😅
Pengenalan huruf: diawali dg huruf vokal baru konsonan
Pengenalan huruf tidak harus dengan kartu or buku, bisa juga dg bentuk mainan.
Sambil mengenalkan huruf disambi juga dg pengenalan kata2 yang terdekat dua suku kata terbuka dg pola vokal yg sama, contoh: dede,kuku susu, bobo, mama dll. Setelah itu pola acak contoh: bola,baju dll (yg bermakna) Jika anak belum hafal huruf,ortu mengucapkan anak mengulangi tanpa perlu dieja.
Fasilitasi juga dengan permainan misalnya dengan membuat kartu kata usahakan rangsang anak dengan gerakan2 seperti melompat dll, agar selalu fun.
Jika anak sudah hafal huruf susun huruf menjadi sebuah kata yg bermakna dimulai dr kata terdekat dengan mengeja dan berirama.
Berikan media huruf pisah untuk menyusun huruf menjadi kata.
Beri lebel semua benda yang ada dirumah jika anak sudah mampu menulis biarkan dia yg menulis dan menempelkan pada bendanya.
Berikan juga buku2 cerita sederhana yang ada tulisannya ( gambar dan tulisan besar )
Jika anak sudah mampu mengeja/membaca biarkan dia yg menbaca jika belum bacakan perlahan dengan menunjuk kata tanpa mengeja..
Alhasil.. Jreng jreeeng anak bisa membaca dengan menghafal tulisan/lambang...
Selebihnya tinggal membenarkan saja deh... Kurang lebihya seperti itu...
7. Mau tanya, menanggapi pernyataan sebelumnya 😁
Kalau dari hamil, pendidikannya mulai week ke berapa? Dan pendidikan macam apa saja kah yg bisa dilakukan? 😁
Mba Melinda
Jawab :
Mulai anak bisa mendengar 4 bln krg lebih,lebih ke hafalan, pembentukan karakter (kondisi ibu hamil sgt mempengaruhi terutama masalah emosi), bahasa,,, sering diajak komunikasi juga.
8. Di sini ada yg hs usia skolah? Sharing, dong.. 😘
Miski Jihan
Jawab :
Ga jauh beda mba, teman2 disini ada yg sudah sampai usia sma baru hs, ada juga dr awal skg sdh usia smp.. Cuma lebih diarahkan ke skillnya mba, tergantung mau kita jadikan apa anak kita, tentunya dg melihat potensi mereka. U/ mata pelajaran yg diberikann kita pillih2 lagi tidak semua juga harus kita berikan, yg bisa kita handle di rumah ya kita handle sendiri tinggall kita fasilitasi n dampingi. Untuk beberapa mata pelajaran or keterampilan tertentu bs kita masukkan anak ke lembaga2 kursus. Jangan lupa jalin juga hub dg teman2 yg berkecimpunng di lembaga pendidikan u/ up date jg u/ menguji kesiapan anak kita dilapangan. Ya itung2 magang... Klo butuh ijazahpun اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ skrg mudah bun..
Begitulah kurang lebih yg saya tau... 😊 ayo yakinkan kita bisa, luruskan niat اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ ada jalan...!! Allahuakbar!
Sudah yah saya akhiri,,, yang benar boleh diambil bu-ibu,,, yg salah tolong diperbaiki yah,,, kita sama2 belajar,,, masih trial terus nih,,, mohon masukannya juga yah... Semoga bermanfaat. 😍
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
🔅🔆🔅🔆hsmn🔆🔅🔆🔅
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
👥facebook.com/hsmuslimnusantara
👥FB: HSMuslimNusantara Pusat
📷 instagram: @hsmuslimnusantara
🐤 twitter: @hs_muslim_n
🌐 web:
hsmuslimnusantara.org
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
silakan jika ada yang mau berkomentar