Selasa, 04 April 2017

Resume Harian parenting

Resume Harian Grup KOBAR 2, 18 Maret 2017

*#TanyaKobar2*
Bu, mau minta tips... Putri kami (5th kurang 2 bulan), smp hr ini blm mau belajar membaca dan menulis. Dia jg terpaksa kami tarik dr sekolah TK krn gurunya bbrp kali mengeluh, "wah, kami kalah sma putri ibu". Dia msh sesuka hati sendiri, maunya hanya menghafal, belajar gerakan shalat, menggambar, dan mewarnai. Sedangkan teman2nya sudah pandai belajar qoidah nuroniyah (semacam ngaji turutan klo d indo). Drmh sya ajari baca iqro pun jg susah sekali, ah ih uh melulu. Huruf hijaiyah dia sudah bs nyebutin lengkap, tp klo disuruh menunjukkan, dia salah melulu atw bahkan ga mau. Klo sya ngeluh, suami cma jawab, "udah lah, mah... biarin aja dlu, yg penting sholatnya bener...". Tp sya khawatir klo nanti waktunya masuk SD msh begitu. Kalo SD2 di saudi, msh banyak yg baru masuk blm bs baca (kayak jaman qt dlu). Lha insyaAllah 2th lg study suami selesai, ada amanah di indonesia yg tdk bs kami abaikan, mau tak mau kami hrs pulang. Tiap sya bilang sma suami, "tp klo pas waktunya pulang nanti si kakak blm bs baca tulis, gmn mo masuk SD...", dgn enteng suami jawab, "ya ga usah masuk SD yg ga mau nerima anak blm bs calistung, dan klo semua SD begitu, yo nggak usah sd... santai wae lah..." Alhamdulillah smp hr ini putri sya sudah byk hafal surat2 pendek al quran dgn model talaqqi dr papahnya. Cuma sya herannya, yg mentalqin itu sambil ngetik risalah, dan yg ditalqin sambil nonton upin ipin🤦🏻‍♀ atw sambil mewarnai. Mohon pencerahan dr pakar dsni, sya msh suka bengong liat model bapak anak ini... Tips apa yg harus sya lakukan agar anak menyukai belajar calistung?
✅ Bu, ini anak masih usia 5 tahun loh, belajar baca latin aja udah susah ini ditambah belacar baca iqroo. Ciri anak yang stress adalah dia bermalas-malasan melakukannya. Untuk anak bisa baca dengan sendiri nya atau minimal dengan mudah, anak harus faham konsepnya. Yang pertama dibangun minat membacanya dulu. Dirumah banyak buku gak bu?
Terus membaca itu artinya anak sudah harus faham simbolik, huruf dan angka termasuk simbol. Kenalkan aja dulu dengan huruf, gimana caranya? Sambil bermain. Kasih stimulus 2 untuk sensorinya dulu , contoh main playdough pake cetakan huruf, menggambar bebas, tulis namanya di kertasnya sambil dikenalkan huruf2 nya, meronce manik2 atau sedotan yang ditempelkan huruf, benda2 dirumah ditempel kata-kata nama benda tersebut. Apalagi kalo dicerita ibu anaknya kinestetik ya? Masih banyak waktu untuk bisa membaca tanpa didrill bu.
▶ Banyaknya kitab2 papahnya, bu... oh, mungkin dgn permainan gitu ya bu in?
Soalnya yg dr TK itu bukunya sya lihat jg per huruf, dikenalkan 1 demi 1 huruf dan ada juga yg menebalkan garis putus2 berbentuk.huruf, tp anaknya tetap ga mau. Malah yg ada mewarnai gambar yg menjelaskan huruf tsb. Misal huruf A utk kata AYAM, yg ada malah mewarnai gambar ayamnya...
↪ Kalo gak ada buku anak mana bisa muncul minat membacanya.
▶ Ada bu, sudah impor dr indo majalah2 anak islam, tp yg dia cari tetap gambarnya
↪ Memang tahapannya berarti masih membaca gambar bu, kalo sudah mulai suka, bisa Cari buku yang bergambar tapi ada tulisannya sedikit.
⏩ Telat komen mb ati, pdhl td mau komen tp batre habis. Kt pernah ikut seminar balita semangat Alquran olh usth sarmini. Beliau mengajarkan anak2 mwmbaca Al-Quran sjk bs balita bs bicara 2 konsonan kata. Tahap awal per huruf. Pakai sistem mind mapping. Jd manggambar huruf gede2 dan warna warni di kertas ukuran poster (kl masih tahap 1huruf, 1kertas poster dibagi 2), dan di tepi kertas diberi hiasan/frame gmbar sesuai kreatifitas. Sehari 1 huruf, di letakkan di mana aja. Sering2 diajak ke huruf tsb dan bilang "nak, ja" misal. Lengkapnya bs dibaca di buku bliau. Sekali belajar ga smp semenit. Cocok dg tipikal anak2 bgt gamau duduk rapi fokus. Masyaallah putra putri beliau ketika usia 7th rata2 sdh khatam membaca Al-Quran 2-3x. Sy sdh oraktekkan ke si 3,5 th Alhamdulillah skrg bs hafal sekitar 10-15 huruf. Ga terasa belajar, bahkan bs dibuat bermacam game. Nnt ana fotokan bukunya mb ati.
1huruf di tempat trtentu, besok huruf lain di tempel di tempat lain. Dengan syarat tdk boleh berurutan antar huruf yang MIRIP TULISANNYA DAN SUARANYA, baik berurutan harinya, atau berdekatan letaknya. Yg pertama diajarkan adl huruf-huruf yg paling mudah diucapkan anak. Yg susah2 belakangan (spt 'ain, ghoin, dhod, dzal, dll)
Belajar bg anak tu kan: mendengar, melihat, meniru. Trs kl udh dikasih tau ini huruf ja tp gamau niru gmn? Biarin aja, trs kasih tau. Kl otak sudah penuh dg ilmu pasti dia mengeluarkannya (mengucapkan) kok.
Sambil lari, mlipir lihat kertas huruf tsb dan kita tunjuk "ja", sblm dia main atau tidur kita tunjuk lg. Dst. Anak ke 4 22 bulan Alhamdulillah sedikit2 nyantol padahal niatnya ngajar no 3. Ga hrs duduk, atau dg buku (kcl tujuannya mengajak cinta buku, bs mulai dg dongeng/menceritakan). Afwan bu guru2 sholehah, kl melampaui hehe.. Sekedar berbagi. Ini termasuk calistung ga utk dibawah 7th kl sudah mulai baca Al-Quran. Tp kan ini menggunakan cara yg fun.
↪ Termasuk calistung buNab 😊
▶ Brarti di pengenalan huruf aja/persiapan CA nya dl ya buint.. Blm disambung antar huruf dl
↪ Iya bu, kalo pengenalan huruf gak papa bu, Karena kenapa? Karena bagian otak yang lebih dahulu berkembang adalah pusat perasaan, di 7 tahun kebawah ini anak belajar mengenali dirinya sendiri, emosi. Kalo proses ini terlewati sudah ketiban calistung, dia akan nagih suatu saat Nanti dalam bentuk prilaku yang tidak menyenangkan.
▶ Ok.. Kebut hafalannya aja dl kl gt. Kl udh 7th br CA. Syukran buint

↪ Walau kepada anak beliau efeknya baik (semoga baik seterusnya ya...) tapi ko sy kurang sependapat ya.. 7th sudah khatam berkali2 masyaAllah luar biasa.... Tp gimana dgn kematangan emosionalnya? Kl khatam berkali2 tp ngga bisa mengendalikan emosinya rasanya sayang sekali gitu.
Iyah, termasuk calistung dan termasuk memaksa otak pikirnya bekerja sebelum otak limbik (pengendali emosi) matang sempurna
▶ Ini sering dikatakan suami saya 🤔, kalo ada anak balita atw 5th lah yg sudah full hafalannya, dll..spt adek musa hafidzahullah dgn prestasinya yg masyaAllah. Suami sya bilang, qt lihat nanti gedenya, tp smg mmg selalu dlm penjagaan Allah. Garuk2 ini, suami saya kog sering ngomong kayak psikolog juga ya...🤔

*TanyaKobar2*
Solusi apa lg yg harus di lakukan agar anak (5 th) tdk lg mengisap bibir bwhnya, krn efeknya jadinya gigi atasnya jd lbh maju dr pd gigi bwhnya. Setiap anaknya ngisap bibirnya, ibunya slalu ngelarangnya, bahkan klo ibunya sdh gak sabaran di kasih balsem or cabe mulut anaknya. Tapi sesaat aja si anak berubah, ntar begitu lg. Sdh dr usia 3 thn spt itu. Apkh ada obat khusus gitu agar dia merasa kapok utk tdk lg ngisap bibir bwhnya. Mhn solusinya dari ibu2 yg lain jg..
✅ Cara melarangnya gimana bu?
▶ bilang gini bu, "adek.. Mulutnya jgn di isap, ntar rusak giginya.." sambil kadang di kluarin bibirnya dgn ibunya. Ntar klo ibunya gak lihat, mulai lg dia isap bu
↪ Ibu pernah larang anak,  jangan lari2.. Tapi kemudian anak malah terus lari2?
▶ Saya pernah, Bu pim.. ☝
↪ Kenapa bisa gitu ya?
Kalau ibu sy suruh "jangan bayangkan gajah warna pink! "
Sy jamin ibu bakalan langsung bayangin gajah warna pink!
Iya apa iya?
Jadi dalam otak kita ini sebenernya ngga ada perpustakaan kata "jangan" kecuali dalam keadaan yg tenang.
Gitu juga sama anak2. Lbh baik langsung sampaikan instruksi jelasnya.
Bukan "jangan gigit bibir" tapi "lepasin gigitannya"
Terus kasih aktifitas yg mengaktifkan mulutnya. Apa ya? Makan? Kl makan mulu tar obes bu hehehehe.....
Ajakin ngobrol, cerita, saat udh muncul gelagat mau gigit bibir langsung alihkan fokusnya. Terus kasih lihat gambar gigi tongos, kasih tau itu akibat gigit bibir. Cara berpikirnya yg masih konkrit jd harus melihat bukti konkrit dari akibat kebiasaan buruknya.

✅ Yang pernah saya alami , gigit kuku bu, tapi sudah berhenti, tapi saat itu anak saya sudah besar,7 tahun jadi sudah bisa diskusi. Saya perhatikan dulu kapan waktunya DeeDee menggigit kuku. Mostly saat mau tidur dan kalo sedang bosan. Terus saya beri tahu gambar-gambar efek akibat menggigit kuku, kebetulan memang kukunya jadi seperti kuku mati dan kuman yang masuk ke dalam tubuh akibat menggigit kuku. Terus sudah itu saya bilang, jadi kebiasaan menggigit kuku harus dihilangkan , kalo kakak karena gak ada kerjaan, saat mau tidur bisa diganti dengan memiliki rambut, kalo kakak belum bisa berhenti mamah akan kasih tensoplast semua tangan, kalo gak bisa juga mama please brotowali tangannya. Habis itu berhenti sih. Kalo keliatan jangan dikagetin, cukup ambil tangannya
▶ Baru lht hp nih.. makasih bupim n buint masukannya.. tp yg psti sy blm nyambung bupim dgn "jgn bayangkan gajah wrna pink" dgn mslh anak saya 😅 dan anak sy itu bkn saat2 tertentu dia isap bibirnya, tapi hampir tiap saat. Dia lepasin klo sy tegur. Berarti blh ya buint klo saya kasih balsem mulutnya,.(tapi gak mempan jg bu int 😭 tetap aja berapa menit kmudiaan dia isap lg)
↪ Tanya buWas Aja kl blm paham ya bu 😁 Ko kasih balsem di mulut. Kl keracunan gimana??? Napa ga ambil aja bibirnya sekalian 😒
▶ Dikit aja kok bu balsemnya,..tapi ya itu gak mempan jg dianya. 😞
Buwas, mksdnya apa jgn bayangin gajah wrna pink....
↪ Pernah liat dan baca iklan dipinggir jalan yg tulisannya "JANGAN TENGOK KIRI"
..penasaran ga sih apa yg ada di sisi kiri jalan tsb?...
Kalo saya sih malah otomatis liat kiri. Gatau kalo mas anang mah.. #eeeh ko jd ala2 program tv
↪ Ini salahnya ada di Cara komunikasi ibu maksud bupim. Kalo ibu kayaknya dengan jangan diisep bibirnya . Anak belum nangkep bu. Jadi ganti kata2 nya . Kalo dikasih liat efek tonggos dan harus pake behel kena gak ya bu?

*RolePlay*
👧🏻 : Behel itu apa mah?
(Ceritanya saya lg asik gigit2/(ngisep?) bibir... Posisi wuenaaak nih..🤓)
👩🏻 : Kakak, lagi ngapain ?
👧🏻 : Eurrr.. Eurrr.. Ga ngapa2in ko mah
👩🏻 : Hayoo kakak lupa yah , yang mama bilang kemaren?
👧🏻 : Eh iya.. hehehe
👩🏻 : Bibirnya harusnya gimana nak?
👧🏻 : Iya, iya... Jangan digigit... #tertunduk
👩🏻 : Good, jadi kalo besok kakak bosan harusnya gimana? (Nahh ini harus dicari kapan dia isep bibir)
👧🏻 : Euh.. main
👩🏻 : Yukk mama kasih liat lagi gimana kalo orang suka isep bibirnya, giginya jadi lebih maju, jadi harus pakai kawat
👧🏻 : Kawat jemuran bu🙈
👩🏻 : Bukan nak kawat untuk meluruskan Gigi .... Dannn seterusnya. (Sambil lanjut lihat2 gambar. Karena si anak 5thn msh konkrit, dia ga tau rasanya pk behel atau kawat...)

↪ Silahkan dicoba dulu busan. Tiap liat ingatkan, sampe kapan ? Sampe berhenti 😂
▶ Gigi mengerikan. Hmm harus ada uji coba berarti ya.
↪ Betul. Kan dia blm kebayang konsekuensi nya gmn. Buat si anak, yg penting gw nyaman ngisep bibir (terutama buat anak yg mudah grogian)
▶ Berarti pake kalimat kerja ya buNa, spt kata bupim,"lepaskan... bkn "jangan...
↪ Tul
▶ Ok bupim, buint n buna. Akn sy jalankan misinya,. Semoga bs berubah anaknya,. Klo gak bs berarti yg salah gajahnya, knp hrs wrna PINK 😄
↪ Dibilangin JANGAN BAYANGIN GAJAH WARNA PINK..... tp malah kebayang2 ya 😅

⏩ Masalah ngisep, itu ada kaitannya dg fase fase anak seperti fasel oral genital dll ga bu? Kok sya pernah denger kalo fase fase itu harus tuntas dg baik kalo ga menagih di fase berikutnya? Apa fase oral belum puas apa gimana ya? Hehehe
↪ Ini kasusnya mengigit ya.... Sama ga ya dengan menghisap
▶ Ga tau bu pim.. 😭 kayanya menggigit mungkin ngerasa nyaman kali gigit2..
↪ Bisa juga sih. Bisa juga krn awalnya dr meredakan kecemasan, saat dia cemas gigit2 bibir, terus dgn gigit bibir merasa nyaman,  jd keterusan
▶ Mungkin yang gigit gigit tadi bisa dialihkan perhatiannya dengan kesibukan apa gtu.. Sambil dikasi makanan biar ngunyah atau permen vitamin biar ngisep hehe

Resume: Hasfiani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silakan jika ada yang mau berkomentar